Halaman Utama > Fokus Internasional > 【Pemberitahuan Dharmabakti TBF】No 0004 Mengenai Sadhana Tantra - Tanya Jawab Seputar Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah ( Bagian 2 )


【Pemberitahuan Dharmabakti TBF】No 0004 Mengenai Sadhana Tantra - Tanya Jawab Seputar Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah ( Bagian 2 )

Tanya 1 : 
Bagi yang pernah menerima Abhiseka 21 Tara secara langsung dari Mahaguru, bolehkah langsung menjapa Mantra Hati Tara Peredam Wabah dan menekuni Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah ? 

Jawab :
Mahaguru secara khusus memberi petunjuk mengenai hal ini : "Walau siswa pernah menerima Abhiseka 21 Tara, namun mantra hati dan Sadhana Adinatayoga untuk setiap perwujudan Tara masih memerlukan abhiseka khusus.


Tanya 2 :
Bagi yang belum bersarana, bolehkah mohon abhiseka jarak jauh untuk Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah ? 

Jawab :
Tidak boleh. Japa mantra dan sadhana adalah berbeda, sadhana diutamakan bagi siswa yang telah bersarana, dengan demikian mengandung daya adhisthana silsilah. Namun karena saat ini kita sedang mengalami kondisi krisis, Mahaguru berwelas asih memberikan persetujuan khusus bagi siswa yang belum bersarana untuk menjapanya demi menjalin jodoh Dharma. Yang terbaik tetap adalah bersarana sehingga menghasilkan daya adhisthana silsilah.


Tanya 3 :
Karena saat diri sendiri bersadhana belum tentu bisa kontak batin Tara Peredam Wabah hadir memancarkan cahaya adhisthana, bolehkah kami mohon para Acarya atau biksu dan biksuni untuk bersadhana mengadhisthana enam macam obat supaya menjadi Obat Dharma, baru kemudian kami bawa atau digunakan sebagai simabandhana ? Sebab biksu dan biksuni memiliki kemampuan lebih daripada kami umat perumah tangga.

Jawab :
Asalkan Tantrika Zhenfo mengamalkan sesuai transmisi Mulacarya, menekuni Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah, "Insan memiliki ketulusan, Buddha pasti memberi kontak batin", maka semua pasti dapat memperoleh kontak batin dari Tara Peredam Wabah.

Tambahan : Kesehatan merupakan tanggung jawab diri masing-masing, diri sendiri mesti mengupayakannya, setelah berupaya, maka keyakinan dapat meningkatkannya.


Tanya 4 :
Membawa Fu Tangkal Wabah dan membawa Bungkusan Obat Dharma Tangkal Wabah, apakah manfaatnya sama ? 

Jawab :
Manfaatnya sama. Yang paling penting adalah daya adhisthana, dan mesti dibarengi dengan kepatuhan masing-masing dalam menjaga kebersihan dan menjalankan upaya pencegahan wabah.

 

Tanya 5 :
Apakah mesti bersadhana sampai kontak batin baru boleh menggunakan Obat Dharma Tangkal Wabah untuk dibawa ? 

Jawab :
Benar. Harap simak Dharmadesana Mahaguru tanggal 15 Maret 2020. Atau simak Tata Ritual Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah tahap ke-12 ( Mudra & visualisasi ) penjelasan poin D, seperti berikut di bawah ini :

D. Tara Peredam Wabah muncul di hadapan sadhaka, kemudian visualisasi di atas teratai yang dipegang oleh Tara terdapat sebuah ratnakalasa penuh dengan tirta amerta keabadian yang memancarkan cahaya putih tak terhingga, cahaya putih tak terhingga ini melesat dari angkasa menyinari sadhaka, cahaya terang tersebut juga menyinari mengadhisthana bubuk enam jenis obat atau bubuk lima jenis obat. Sadhaka mesti benar-benar merasakan Tara Peredam Wabah telah memancarkan cahaya terang mengadhisthana bubuk obat. Diri sendiri manunggal dengan Tara, memasuki samadhi.


Tanya 6 :
Apakah bubuk obat mesti dalam kuantitas sama atau berat sama ? Berapa besar ukuran bungkusnya ? Berapa banyaknya bubuk obat ? Supaya sesuai untuk dibawa.

Jawab :
1. Harus sama kuantitas.
2. Banyaknya disesuaikan saja, yang penting mudah dibawa atau dikenakan.


Tanya 7 : 
Di Amerika Serikat dan Kanada, 'xionghuang' ( 雄黄 ) dilarang diperjualbelikan, jika tanpa 'xionghuang', apakah tetap bisa bermanfaat ? 

Jawab :
Pada tanggal 17 Mei 2020 Mahaguru berwelas asih memberi petunjuk, "Tanpa 'xionghuang', hanya lima jenis obat juga boleh."


Tanya 8 :
Di antara enam jenis obat yang disebutkan oleh Mahaguru, saat ini umat hanya bisa mendapatkan lima macam saja, tidak bisa mendapatkan 'xionghuang', bolehkah menggantinya dengan 'dahuang' ( 大黃 ) atau bahan pengganti lainnya ? 

Jawab :
Jadikan apa yang ditransmisikan oleh Mahaguru sebagai acuan, jangan menggunakan bahan yang lain untuk menggantikan sesuatu yang telah ditransmisikan oleh Mahaguru.

Catatan : Pada tanggal 17 Maret 2020, Mahaguru berwelas asih memberi petunjuk : "Tanpa 'xionghuang', gunakan lima jenis obat juga boleh."

Sebenarnya menggunakan enam atau lima jenis obat semua boleh. Sebab setiap negara memiliki ketentuan yang berbeda terhadap berbagai jenis obat, termasuk aturan untuk 'xionghuang'. Jadi tanpa 'xionghuang', hanya lima jenis obat juga boleh.

Catatan : Dilarang keras mengirimkan bahan obat 'xionghuang' ke Amerika Serikat. Di Amerika Serikat dan Kanada, 'xionghuang' (雄黃) dan 'zhifuzi' merupakan obat terlarang (制附子).

Setiap negara memiliki ketentuan yang berbeda terhadap bahan-bahan obat, contohnya 'xionghuang'.

1. Mengenai bahan obat, kami tidak memiliki sertifikat farmasi.

2. Beberapa bahan obat mungkin dilarang di negara tertentu, oleh karena itu tidak boleh sembarangan mengirimkannya ke negara lain.

Pernyataan :
Harap tidak mengirimkan bungkus obat ke Amerika Serikat untuk diadhisthana oleh Mahaguru, 'xionghuang' tergolong jenis obat yang dilarang, harap diperhatikan supaya tidak merepotkan Mahaguru.


Tanya 9 :
Jika sadhaka belum kontak yoga dalam Caturprayoga dan Sadhana Guruyoga, bolehkah menekuni Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah ? 

Jawab :
Boleh. Asalkan menjapa mantra dengan sepenuh hati, tetap akan menghasilkan daya mantra.


Tanya 10 :
Setiap dua minggu sekali Fu Tangkal Wabah mesti diadhisthana dalam sadhana dan dijapakan Mantra Hati Padmakumara sebanyak 1080 kali, visualisasi Mahaguru mengadhisthananya sekali. 

Bolehkah jika fu diadhisthana melalui penekunan Sadhana Guruyoga setiap hari, japa Mantra Hati Padmakumara 108 kali, ditambah dengan visualisasi tiga cahaya memberkati diri sendiri sekaligus memberkati Fu Tangkal Wabah ? 

Jawab :
Boleh. Penjapaan tulus dapat menghasilkan daya adhisthana.


Tanya 11 :
Ada umat yang bertanya : "Bolehkah hewan peliharaan menerima abhiseka ?"

Jawab :
Mengenai hal ini, sesungguhnya hewan peliharaan tidak perlu menerima abhiseka, sebab ia tidak bisa menjapa mantra dan membentuk mudra, hanya bisa menerima adhisthana dan ikut melatih diri bersama tuannya.

Jika ingin menerima abhiseka, ini hanya upaya untuk menenangkan hati pemiliknya, oleh karena itu biarlah pemiliknya yang menentukan.


Tanya 12 :
Setelah semua umat vihara mohon abhiseka jarak jauh untuk Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah, berapa lama setelahnya seorang Pandita Dharmaduta ( jiangshi - 講師 ) boleh memimpin puja bakti bersama Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah ? Sebab sejak akhir Januari sampai saat ini kami telah menjapa Mantra Hati Tara Peredam Wabah. 

Jawab :
Semua rohaniwan Zhenfo Zong masih belum boleh memimpin Homa dan Upacara Tara Peredam Wabah. Saat ini belum diperbolehkan untuk dijadikan Adinata Homa atau upacara. ( Jika Mahaguru telah memberikan persetujuan, akan kami umumkan melalui pemberitahuan )

Untuk vihara teruslah sepenuh hati memperbanyak penjapaan Mantra Hati Tara Peredam Wabah, sebab japa mantra dengan rasa persatuan banyak umat dapat menghasilkan daya mantra yang besar.

Jika masih ada kegiatan puja bakti, maka puja bakti Sadhana Adinatayoga Tara Peredam Wabah diperbolehkan.

Akan tetapi, saat ini adalah masa krisis, COVID-19 telah menjadi pandemi luar biasa, demi melindungi kesehatan umat, di masa-masa ini tidak dianjurkan untuk menghimpun umat. Penyelenggaraan puja bakti dan upacara harus mematuhi ketentuan setempat.


Tanya 13 :
Bolehkah Bubuk Enam Jenis Obat Tangkal Wabah digunakan sebagai bubuk Dhumapuja ? 

Jawab :
Tidak boleh. Sebab di dalam bahan bubuk obat tersebut terdapat 'xionghuang' yang mengandung senyawa racun, pembakarannya akan menghasilkan gas beracun yang membahayakan tubuh.

Dilarang keras membakar Bubuk Enam Jenis Obat Tara Tangkal Wabah sebagai bubuk Dhumapuja, juga dilarang keras mengonsumsi bubuk obat tersebut. Bubuk Tangkal Wabah hanya digunakan untuk dibawa dan untuk simabandhana.

Catatan : 
'Xionghuang' ( 雄黃 ) atau 'realgar' merupakan bijih yang mengandung sulfur dan arsenik, jika dibakar menggunakan api, sulfur dan arsenik di dalamnya akan dioksidasi oleh oksigen menjadi sulfur dioksida yang sangat beracun ( arsenik trioksida ).

Selama masa cegah wabah, kami mengimbau kepada semua tempat ibadah dan umat Zhenfo Zong untuk mematuhi hukum dan aturan cegah wabah setempat di negara masing-masing. 

Kenakan masker saat diperlukan, sering mencuci tangan dengan sabun, biasakan menjaga kebersihan, karena melindungi diri sendiri berarti juga melindungi semua.

Bagi yang mengalami gejala-gejala COVID-19 harap segera berobat ke rumah sakit, jangan menundanya. Mari kita bersama mencegah penyebaran wabah.

Harap perbanyak menjapa Mantra Hati Tara Peredam Wabah untuk melimpahkan jasa, semoga wabah cepat berakhir, supaya setiap insan sehat dan manggala.

Semoga senantiasa manggala ! 
True Buddha Foundation peduli kepada Anda.

Hormat kami,
True Buddha Foundation.
17 Maret 2020

Judul Asli :
【宗委會法務通告】《救瘟疫度母念誦法》問答Q&A之二

Klik di sini untuk versi bahasa Mandarin

◎ Situs TBSN Terbaru ( Mandarin ) :
https://ch.tbsn.org/

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :

http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.