Halaman Utama > Fokus Internasional > Konferensi Acarya dan Anggota Komite Eksekutif True Buddha Foundation Periode 5 yang ke-5


Konferensi Acarya dan Anggota Komite Eksekutif True Buddha Foundation Periode 5 yang ke-5

Usai Upacara Agung Musim Semi Tahun Gengzi, pada tanggal 3 dan 4 Februari, bertempat di bhaktisala Rainbow Temple (彩虹雷藏寺), diselenggarakan Konferensi Acarya dan Anggota Komite Eksekutif True Buddha Foundation  ( TBF ) Periode 5 yang ke-5. Konferensi kali ini dihadiri oleh 96 orang Acarya yang bersama menyalurkan pendapat berharga demi masa depan Zhenfo Zong.

Pada hari pertama konferensi, terlebih dahulu ketua TBF : Acarya Lianhua Chengzu (蓮花程組上師) memberikan kata sambutan, beliau menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Rainbow Temple bagi konferensi kali ini. Acarya juga mengungkapkan perihal revisi pada isi anggaran dasar TBF, dan versi bahasa Tionghoa, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia telah dibagikan kepada setiap Acarya untuk dibaca dengan saksama, kemudian dipersilakan menyampaikan masukan, dan besok isi revisi akan didiskusikan bersama, dan setelah dicapai kesepakatan bersama, akan diserahkan kepada pihak pemerintah terkait sebagai bahan referensi. 

Selain itu, TBF juga membagikan buklet berisi catatan hasil kerja TBF selama dua tahun terakhir, serta karya ilmiah Acarya Lianhe (蓮訶上師) yang telah dipublikasikan di Indonesia, yang berjudul “Sejarah dan Praktik Kalacakratantra” dan kompilasi seputar Kalacakra Vajra. Kantor TBF di Taiwan telah mulai beroperasi, mengundang semua untuk hadir memberikan bimbingan. Berikutnya, dilakukan pengesahan terhadap catatan dan usulan  dalam konferensi sebelumnya. 

Pada pukul 11 siang, Mulacarya Dharmaraja Liansheng tiba di Rainbow Temple, para Acarya menuju ke homasala bergabung dengan para peserta lokakarya, untuk bersama menyimak instruksi dan menerima anugerah adhisthana jamah kepala dari Mulacarya. Konferensi dilanjutkan pada sore hari dengan urutan dan isi acara sebagai berikut :

Laporan direktur Departemen Publikasi Acarya Lianyue (蓮悅上師) :

1.    Pada tanggal 21 s.d. 23 November 2019, TBF memenuhi undangan dari Yayasan Borobudur Writers and Cultural Festival untuk berpartisipasi dalam Borobudur Writers and Cultural Festival, dengan tema : “Tuhan dan Alam” Membaca Ulang Panteisme – Tantrayana, dalam Kakawin dan Manuskrip-manuskrip Kuno Nusantara.

Acara lintas nilai sosial budaya dan religi diselenggarakan selama tiga hari. Hari pertama merupakan acara pameran buku dan bincang buku bersama penulis, Zhenfo Zong mengangkat tema : “Dharmaraja Penulis – Dharmaraja Liansheng Lu Shengyan”, memamerkan karya tulis Dharmaraja Liansheng selama 52 tahun yang terdiri dari 273 buku berbahasa Mandarin, serta beberapa buku yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, selain itu juga secara khusus mengompilasi “Mahasadhana Kalacakra Zhenfo Zong” sebagai buku utama bagi acara bincang buku bersama penulis. 

Pada hari kedua adalah publikasi karya ilmiah, Acarya Lianhe selaku direktur Departemen Pendidikan TBF membawakan ceramah mengenai “Sejarah dan Praktik Kalacakratantra”. 

Hari ketiga adalah acara : Keagungan Kalacakra dan Hevajra di Mandala Candi Agung Borobudur, yang merupakan Upacara Agung Homa Santika Paustika Vasikarana dan Abhicaruka Hevajra yang dipimpin bersama oleh Acarya Lianhe (蓮訶上師), Acarya Lianfei (蓮飛上師), Acarya Lianzu (蓮祖上師), dan Acarya Lianyuan (蓮元上師).

TBF menyampaikan rasa terima kasih kepada : Majelis Agama Buddha Tantrayana Zhenfozong Kasogatan Indonesia, Majelis Agama Buddha Tantrayana Satya Buddha Indonesia ( Madha Tantri ), Yayasan Eka Pelita, dan Tbboyeh yang telah bersama mendukung kegiatan kali ini. 

2.    Setelah pemindahan materi rampung, maka TBSN versi ponsel akan muncul dengan wajah baru.
3.    TBF akan melanjutkan tugas editorial bagi True Buddha News sebagai media publikasi pusat Zhenfo Zong, kelak untuk publikasi ke arah luar akan diutamakan versi cetak, sedangkan untuk tempat ibadah akan diutamakan versi koran elektronik. 


Acarya Lianou (蓮歐上師) dari Departemen Inspektorat melaporkan :

Pada tahun 2019, layanan sistem investigasi Departemen Inspektorat telah menerima kasus keluhan, Acarya mempresentasikan kondisi penanganannya saat ini. Selain itu, keluhan telah mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Acarya juga menjelaskan perihal berkas sila sekte nomor 5 untuk tempat ibadah mengenai : “Tempat ibadah Zhenfo Zong dilarang mempersemayamkan gambar dan rupang yab-yum.” Mahaguru pernah memperingatkan bahwa ada tempat ibadah yang membawa rupang yab-yum untuk diabhiseka, hal ini menandakan mereka tidak memahami bahwa sebelum menerima abhiseka tingkat ketiga tidak diperbolehkan untuk mempersemayamkan rupang yab-yum. 

Oleh karena itu, Departemen Inspektorat secara khusus menerbitkan pemberitahuan supaya segenap umat dan tempat ibadah Zhenfo Zong mengetahui bahwa selain tempat ibadah di mana Mulacarya secara tetap membabarkan Dharma seperti : Seattle Ling Shen Ching Tze Temple (西雅圖雷藏寺), Rainbow Temple (彩虹雷藏寺), dan Taiwan Lei Tsang Temple (台灣雷藏寺), tempat ibadah yang lainnya tidak diperbolehkan untuk mempersemayamkan gambar dan rupang yab-yum, bagi yang melanggar akan menerima koreksi atau sanksi dari TBF. 


Acarya Lianzhu (蓮主上師) dari Departemen Inspektorat melaporkan :

1. Acarya menjelaskan mengenai berkas sila sekte nomor 0001 yang berbunyi : 
Para rohaniwan biksu dan biksuni Zhenfo Zong ( Termasuk : Acarya, Dharmacarya, biksu, dan biksuni ), meskipun sebelum menjalani kebiksuan pernah menerima sertifikat ahli dalam bidang pengobatan atau penyembuhan altrenatif, maka setelah menjalani kebiksuan tidak lagi memiliki kualifikasi ahli, atau sudah tidak lagi memiliki profesi resmi dalam pengobatan, sebab setelah menerima sila kebiksuan maka tugas dan profesi utamanya adalah membabarkan Buddhadharma, bagi yang melanggar mesti bertanggung jawab sendiri terhadap hukum perdata dan hukum pidana. Tujuan dari pemberitahuan ini adalah untuk mengingatkan bahwa para biksu dan biksuni Zhenfo Zong sudah bukan lagi tenaga ahli medis. 


Acarya Lianjiu (蓮舅上師) dari Departemen Inspektorat melaporkan :

Penganugerahan apresiasi bagi para rohaniwan yang memiliki prestasi dan aktif dalam karya melindungi Guru, melindungi Ajaran, pelayanan Dharma di tempat ibadah, menuntun insan, serta kegiatan sosial. Pada bulan Februari s.d. April setiap tahunnya akan dibuka rekomendasi secara daring, dan setelah dilakukan penilaian oleh juri, akan dipilih rohaniwan teladan dan tempat ibadah teladan setiap tahunnya, dan memohon Mulacarya untuk secara langsung menyerahkan penghargaan. 

Mengenai bentuk penghargaan, cara penilaian juri, formulir rekomendasi, anggota juri, serta berbagai detail terkait akan diumumkan menyusul.


Acarya Lianchuan (蓮傳上師) dari Departemen Inspektorat melaporkan :

Memperkenalkan pakaian dan aksesori Lama dan anggota Sangha Tiongkok. Di Tibet, Lama adalah Acarya dan belum tentu adalah seorang biksu, kain selempang di Tibet berwarna merah safron dan boleh dikenakan oleh perumah tangga maupun anggota Sangha, namun dalam upacara para anggota Sangha Tibet akan mengenakan kasaya ladang berkah warna kuning, kasaya versi Tibet dan kasaya versi Tiongkok sama-sama merupakan jubah vinaya yang ditransmisikan oleh Sang Buddha khusus bagi para anggota Sangha. 


Acarya Lianseng (蓮僧上師) direktur Departemen Inspektorat melaporkan :

1.    Proses peluncuran sistem personalia Zhenfo Zong dan jumlah orang yang mendaftar sampai saat ini, namun masih ada beberapa rohaniwan dan tempat ibadah yang belum mendaftar, mohon bantuan semuanya untuk memberitahu mereka supaya secepatnya menghubungi kami dan mendaftar. 
2.    Pembuatan konsep baru bagi sertifikat sila dan sertifikat rohaniwan, diperkirakan sudah bisa dirilis pada Upacara Agung Musim Gugur Tahun 2020.


Acarya Liantai (蓮太上師) direktur Departemen Humas melaporkan :

1.    TBF mendirikan Yayasan Ladang Berkah Puja Sangha ( Gongsengfutianjijin -供僧福田基金 ) , tujuan utama yayasan ini adalah membantu supaya anggota Sangha bisa tenang fokus pada bhavana dan upaya membimbing insan. 

A.    Sandang, pangan, papan, dan transportasi. Subsidi kebutuhan pokok bagi anggota Sangha ( Perawatan usia tua dan masa pensiun )
B.    Bantuan berupa pengobatan dan perawatan medis.
C.    Curah kasih jelang wafat dan persemayaman di rumah abu.
D.    Bantuan penempatan di tempat ibadah sebagai tempat untuk mengabdi secara tetap.
E.    Program pendidikan dan bimbingan.
F.    Bimbingan konseling ( kepedulian secara spiritual dan dukungan semangat )
G.    Konsultasi mengenai asuransi kecelakaan diri dan asuransi kesehatan.

Bagi anggota Sangha yang membutuhkan, setelah mengisi formulir permohonan, boleh dikirimkan melalui surel ke : tbscare518@gmail.com , atau melalui pos ke : Departemen Humas Kantor True Buddha Foundation (宗委會辦事處-公關處).

2.    TBF membuka kesempatan berdana jangka panjang untuk mendukung “Yayasan Ladang Berkah Puja Sangha” (供僧福田基金) dengan cara setiap orang berdana US$ 10 setiap bulannya, dan setiap hari para anggota Sangha bersadhana melimpahkan jasa bagi para donatur. 

Acarya Lianhua Changren (蓮花常仁上師) memberitahukan bahwa Dzogchen Center Limited ( Shifang Tongxiuhui -十方同修會 ) berdana 108 rupang Tara Peredam Wabah kepada tempat ibadah di seluruh dunia, dan tempat ibadah cukup mendaftar dan membayar biaya pengiriman, dan pada hari itu juga pendaftaran telah penuh. Namun karena tempat ibadah lain juga membutuhkan, maka dibuka kesempatan bagi tempat ibadah yang ingin berdana bagi produksi rupang ini untuk didanakan kepada tempat ibadah lainnya. 

Pagi hari kedua, terlebih dahulu Acarya Lianhe selaku direktur Departemen Pendidikan melaporkan perkembangan program pendidikan Zhenfo yang menyeluruh :

1.    Dalam hal lokakarya bagi rohaniwan, pada tahun 2019 TBF menyelenggarakan lokakarya bagi Acarya baru, pelatihan Praupasampada, pelatihan Pascaupasampada, pelatihan protokoler, serta lokakarya pelantunan di seluruh dunia. 
2.    Pada tanggal 23 Januari 2020, program pendidikan daring Zhenfo telah memohon Mulacarya untuk menganugerahkan nama : “Universitas Daring Zhenfo Zong”, selain itu ada : “Pendidikan Dasar Zhenfo”. Program pendidikan daring telah secara resmi dirilis pada tanggal 1 Januari 2020, dan telah direncanakan pembuatan versi ringkas dari : Sistem Pendidikan Daring Zhenfo. 

Materi pelajaran Zhenfo disusun berdasarkan standar internasional Amerika Serikat dan Malaysia, terdiri dari 56 mata pelajaran, dengan total jumlah sebanyak 120 SKS. Kelak akan dibuat setiap 2 bulan daring satu mata pelajaran baru. Saat ini materi pelajaran Universitas Daring masih dalam proses penyusunan.

Untuk pelatihan bagi tenaga pengajar Zhenfo akan direkrut sumber daya dari berbagai negara untuk menerima pelatihan jangka panjang di Gedung Pendidikan Zhenfo, mengutamakan teori dan praktik bhavana, kemudian menjalani praktik keterampilan mengajar di Taiwan Lei Tsang Temple (台灣雷藏寺), dan dilanjutkan dengan tiga macam ujian, antara lain : Ujian teori, ujian praktik, dan ujian retret, setelah lulus semua, dapat menjadi Dharmaduta Zhenfo Zong yang berkualitas. 

Acarya Lianjia (蓮伽上師) dari Departemen Pendidikan melaporkan, mulai tanggal 9 September 2019 telah diluncurkan : “Puja Bakti Global Daring – Sadhana Tantra Zhenfo Menerangi Dunia” yang dipimpin oleh para Acarya, biksu, biksuni dan pandita sebanyak 23 orang secara bergantian sesuai dengan waktu yang ditetapkan bagi setiap negara. Puja bakti daring saat ini terdiri dari : “Sadhana Vajracitta Bodhisattva dan Sadhana Guruyoga”, umat dari berbagai negara memberikan tanggapan yang sangat baik, dan kami berharap supaya semua membantu memperkenalkan kegiatan ini kepada umat baru. 

Telah direncanakan pembangunan Gedung Serbaguna Administrasi dan Pendidikan Zhenfo di Taiwan Lei Tsang Temple yang akan difungsikan sebagai bangunan untuk keperluan administratif serta pendidikan Zhenfo Zong. Terima kasih atas dukungan dari ketua Taiwan Lei Tsang Temple : Acarya Lianzhe (蓮哲上師) yang telah berdana lokasi bagi pembangunan Gedung Pendidikan dan Administrasi Zhenfo Zong, dan dalam pembangunannya masa mendatang tentu membutuhkan dukungan dari semuanya.

Mulai dari pusat sampai kepada pusdiklat di seluruh dunia, dan mulai dari pendidikan daring sampai pendidikan temu muka secara langsung, Departemen Pendidikan TBF telah berupaya sekuat tenaga untuk membangun sistem pendidikan Zhenfo secara menyeluruh. Kami mengharapkan dukungan dari segenap umat Sedharma di seluruh dunia, baik itu berupa saran maupun materi.


Acarya Lianyin (蓮印上師) selaku direktur Departemen Keuangan melaporkan data keuangan TBF.


Acarya Liandong (蓮東上師) selaku direktur Departemen Dharmabakti melaporkan :

1.    Pada Upacara Agung Musim Semi Tahun 2020 terdapat empat siswa yang menerima upasampada, antara lain : Lianzan (蓮瓚) dan Lianyi (蓮眙) dari Indonesia, serta Liandi (蓮堤) dan Liancheng (蓮䁎) dari Taiwan. 
2.    Tata puja untuk Sadhana Milarepa dan Sadhana Yeshe Tsogyal yang ditransmisikan oleh Mulacarya baru-baru ini sedang dalam tahap penyusunan. 
3.    Pada tanggal 22 November 2019, Departemen Dharmabakti menerbitkan pemberitahuan nomor 0001 mengenai Tata Ritual Dharmabakti, yaitu : Mantra Dewa Penguasa Tahun Berlaku ( Taisuizhou -太歲咒 ) dan Tata Ritual ( baru ) Menyambut Dewa Tahun Berlaku. 
4.    Pada tanggal 10 Januari 2020, Departemen Dharmabakti menerbitkan pemberitahuan nomor 0001mengenai Ritual Dao, yaitu : Ritual Pot Harta Menyambut Dewa Rezeki Tahun Gengzi yang diajarkan secara langsung oleh Mulacarya. 
5.    Pada tanggal 23 Januari 2020, Departemen Dharmabakti menerbitkan pemberitahuan bahwa Mahaguru memberi petunjuk untuk menjapa Mantra Hati Tara Peredam Wabah dan melimpahkan jasa dapat menyingkirkan semua penyakit menular dan wabah. 

Mantra Tara Peredam Wabah memerlukan abhiseka baru boleh dijapa. Umat bisa mengirimkan surat melalui pos maupun fax kepada Kantor True Buddha Foundation, memohon abhiseka jarak jauh dari Mahaguru untuk penjapaan mantra. Bagi mereka yang berada di wilayah terpapar wabah, dikarenakan keperluan mendesak, bisa memanjatkan doa dengan tulus dan boleh langsung menjapa Mantra Tara Peredam Wabah, baru kemudian mengirim surat melalui pos maupun fax untuk mohon abhiseka, dengan demikian baru sesuai dengan tata ritual Sadhana Tantra. 

6.    Departemen Dharmabakti menerbitkan pemberitahuan nomor 0001 mengenai Sadhana Tantra : Dikarenakan wabah menyebar dengan sangat cepat, maka dalam kondisi mendesak, Mahaguru berwelas asih memberikan izin “Bagi simpatisan yang belum bersarana ( bukan siswa Zhenfo Zong ), boleh dengan tulus beranjali memanjatkan doa kepada Dharmaraja Liansheng di angkasa untuk menganugerahkan abhiseka jarak jauh untuk penjapaan “Mantra Hati Tara Peredam Wabah”, baru kemudian mengirimkan surat melalui pos atau fax, menuliskan nama lengkap dan alamat, serta abhiseka yang dimohon, kemudian dikirmkan kepada TBF, dan boleh mulai menjapa mantra.”


Ketua TBF, Acarya Lianhua Chengzu (蓮花程祖上師) melaporkan, beberapa bagian mengenai hal administratif dalam anggaran dasar TBF telah dilakukan revisi, setelah melalui diskusi oleh para Acarya, dan memperoleh persetujuan semua, akan dilakukan revisi detail untuk kemudian dirilis. 

Acarya Lianyun (蓮允上師) menyampaikan bahwa Persatuan Fatt Lung Tang Kuching ( Falunleizangsi -法輪雷藏寺 ) Malaysia pernah menyelenggarakan kegiatan lomba menggambar untuk merekrut anggota Sekolah Minggu Buddhis yang rata-rata berusia 7 s.d. 12 tahun, dan setelah kelas ini berjalan selama 7 tahun, saat ini telah menjadi grup muda-mudi, bahkan menjadi tenaga pengajar bagi Sekolah Minggu Buddhis  generasi berikutnya. Selain itu, umat muda-mudi juga dilatih untuk menjadi pewara puja bakti, grup pelantunan, dan panitia kegiatan. Secara rutin menyelenggarakan retret Dhamabakti, dan berbagai kegiatan bertema khusus yang dapat meningkatkan kualitas generasi muda.  

Berikutnya, ketua TBF Acarya Lianhua Chengzu memutar video dokumentasi hasil kerja TBF selama dua tahun terakhir. Selain itu, juga dilakukan pemutaran video pendek produksi Tbboyeh : “Visualisasi Abhiseka Arus Dharma Silsilah Angkasa Zhenfo Zong.”, Tbboyeh mengajak semua untuk banyak membagikan video visualisasi ini, supaya para sadhaka dapat bervisualisasi lebih jelas. 

Di penghujung acara, para direktur TBF mengungkapkan harapan perkembangan mendatang, serta mendiskusikan perkembangan majelis Zhenfo Zong di berbagai negara.  Konferensi Acarya dan Komite Eksekutif TBF yang diselenggarakan selama dua hari telah sempurna. 

Judul Asli :
第五屆第五次上師暨常務委員會議

Klik di sini untuk versi bahasa Mandarin

◎ Situs TBSN Terbaru ( Mandarin ) :
https://ch.tbsn.org/

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :

http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.