Halaman Utama > Fokus Internasional > Dharmaraja Liansheng Membabarkan Cara Membuka Keberuntungan di Tahun Tikus Emas


Dharmaraja Liansheng Membabarkan Cara Membuka Keberuntungan di Tahun Tikus Emas

Permulaan Tahun yang Baru,
Sarwa Alam Kembali Semarak.

Tahun Tikus Emas akan segera tiba, demi membantu Anda semua untuk membuka keberuntungan di tahun yang baru, Apple Daily secara istimewa mengundang perintis Zhenfo Zong Dharmaraja Liansheng Lu Shengyan (蓮生活佛盧勝彥) untuk menganalisis dan memprediksikan situasi dunia tahun 2020, serta memberikan petunjuk kiat membuka keberuntungan di Tahun Tikus, supaya semua bisa menjalani Tahun Tikus dengan tenteram, manggala, dan sejahtera. 

#Wawancara Khusus Apple Daily

◎ Terjemahan Liputan Apple Daily :

Dharmaraja Liansheng Membabarkan Cara Membuka Keberuntungan di Tahun Tikus Emas

Berkah Datang Bersama Tahun Tikus Emas,
Sukacita Memenuhi Keluarga.

Dharmaraja menuliskan sajak ganda musim semi : “Qian shu na chun” (錢鼠納春) sebagai bentuk doa Dharmaraja Liansheng bagi kita semua, supaya di Tahun Tikus memperoleh kemujuran dan kebaikan, supaya kita semakin sejahtera. 

Dharmaraja juga menuliskan sajak ganda musim semi untuk rakyat Taiwan : “Ziliang Juzu” (資量俱足 ) sebagai bentuk harapan supaya semua rakyat Taiwan memiliki berkah bersadhana yang cukup.


✫彡 Kondisi Peruntungan 12 Shio di Tahun Tikus 2020

Tahun ini adalah Tahun Tikus, ada empat shio yang ‘ciong’ dengan ‘Taisui’ ( Bintang Penguasa Tahun Berlaku ) :

Ciong Utama : Shio tikus dan shio kuda.
Ciong Samping : Shio kelinci dan shio ayam.

Sepanjang Tahun Tikus ini, shio naga dan shio monyet memiliki kondisi peruntungan yang lebih baik. Sedangkan shio yang lain biasa saja. 

Dharmaraja Liansheng membabarkan sebuah kiat rahasia : “Tidak peduli shio apa pun, sebaiknya setiap orang tanpa kecuali, setiap tahun mempersemayamkan Taisui.”


✫彡 Hari Baik Memulai Bisnis dan Sutra Niaga ( Chumen Shengyi Jing )

Dalam Almanak Imlek ( Nongminli ) ada pembagian jenis hari, seperti : dingri (定日), churi (除日), kairi (開日), biri (閉日), jianri (建日), chengri (成日), dan lain-lain ; Untuk memulai bisnis, pilih saja hari kairi (開日 atau chengri (成日).

Saat keluar rumah untuk berniaga, atau saat hendak memulai bisnis di tahun yang baru, boleh membaca “Sutra Niaga” (Chumen shengyi jing ) :

Chumen chumen jing.
Sutra untuk kelancaran berniaga di luar.

Xiajie jiu yudao Guanshiyin.
Melangkah turun langsung bertemu Avalokitesvara. 

Dong ye yiqun Fo.
Di sebelah timur ada para Buddha.

Xi ye yiqun Fo.
Di sebelah barat juga ada para Buddha.

Nan ye yiqun Fo.
Di sebelah selatan juga ada para Buddha.

Bei ye yiqun Fo.
Di sebelah utara juga ada para Buddha. 

Fo Fo Fo Fo Fo.
Buddha, Buddha, Buddha, Buddha, Buddha.

Wo de huopon quan maiqing.
Semua barang dagangan saya habis terjual.

Catatan : Kalimat terakhir (Wo de huopon quan maiqing ) adalah kalimat pelimpahan jasa, namun boleh diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 


✫彡 Warna Keberuntungan di Tahun Tikus

Mengenai metode untuk membuka keberuntungan perorangan, Dharmaraja Liansheng mengungkapkan sebuah cara yang mudah : Tahun ini adalah Tahun Tikus, warna yang merepresentasikannya adalah warna hitam. Gunting sehelai kain hitam, kemudian putar searah jarum jam tiga kali di atas nyala dupa di pendupaan altar Buddha, kemudian masukkan ke dalam dompet, metode sederhana ini bisa membantu supaya dompet Anda penuh harta. Selain itu, sepanjang Tahun Tikus boleh mengenakan pakaian dalam dan celana dalam berwarna hitam, sedangkan pakaian luar kenakan yang berwarna merah. Cara ini dapat mendatangkan harta dan bintang penolong. 


✫彡 Ritual Pot Harta untuk Menyambut Dewa Rezeki di Tahun Tikus

1. Siapkan sebuah pot harta berwarna merah yang merepresentasikan harta terang dari bintang penolong. 

2. Siapkan sehelai kain berwarna hitam, setelah diputar tiga kali searah jarum jam di atas nyala dupa di altar mandala ( pembersihan ), tata kain hitam untuk melapisi bagian dalam pot harta, ini melambangkan menghimpun harta dan kemakmuran ( harta tersembunyi ).

3. Isi pot harta dengan 'wugumi' ( 五榖米 lima macam biji-bijian ditambah dengan beras ; Boleh menggunakan : kacang hitam, kacang kedelai, kacang navy, kacang hijau, kacang merah, ditambah dengan beras putih ) sampai 80% penuh, ini melambangkan tumbuhnya harta dan kemakmuran, tumbuh terus tanpa henti. 

4. Nyalakan sebatang atau tiga batang dupa, pada bulan 1 Imlek, tanggal 1, atau tanggal 2, atau tanggal 15, atau tanggal 16, pilih jam ‘chen’ ( pagi hari jam 7 s.d. jam 9 ), sambil kedua tangan membawa pot harta dengan dupa menyala ( batang dupa ditancapkan di atas biji-bijian dalam pot ), melangkah keluar melalui pintu utama, berjalan 8 langkah ke arah barat, berseru : “Caishen dao wo jia !” ( Mengundang Dewa Rezeki masuk ke rumah saya ! ) sebanyak 3 kali, dengan demikian Anda telah menyambut Dewa Rezeki, kemudian bawa masuk pot harta dan letakkan di sudut gudang harta. 

Catatan : Cara menemukan ‘Sudut gudang harta’, berdiri di pintu masuk ruang tamu, menatap ke dalam ruangan, ke sudut diagonal. Jika pintu ruang tamu ada di sisi kiri, maka ‘Sudut gudang harta’ ada di sudut diagonal ruangan sebelah kanan ; Jika pintu ada di sebelah kanan, maka ‘Sudut gudang harta’ ada di sudut diagonal ruangan sebelah kiri ; Jika pintu ruang tamu ada di tengah, maka kedua sudut di kanan dan kiri merupakan ‘Sudut gudang harta’.

Bagi yang rumahnya ada di sebelah barat dan menghadap ke arah timur, atau yang arah barat ada di belakang rumahnya, atau ada di belakang samping, bisa berdiri di luar pintu utama menghadap ke arah barat dan berjalan di tempat sebanyak 8 langkah, kemudian berseru : “Caishen dao wo jia !” Tiga kali, dengan cara demikian juga bisa menyambut Dewa Rezeki.


✫彡 Mengembangkan Niat Bajik Dalam Hati dan Berdana Menolong Sesama Merupakan Metode Terbaik untuk Membuka Keberuntungan !


Dalam wawancara, Dharmaraja Liansheng juga memberikan petunjuk : Dalam agama Buddha dikatakan bahwa segala sesuatu tercipta oleh hati. “Segala sesuatu diciptakan oleh hati, jika hati manusia tidak lurus, maka petaka pasti akan menimpa. Oleh karena itu, hati ini mesti penuh kebajikan, sederhana dan jujur. Pembinaan diri dalam agama Buddha adalah memperbaiki perilaku diri sendiri, sedangkan sumber perilaku adalah hati, oleh karena itu yang benar-benar bisa membendung bencana adalah hati umat manusia, menggunakan hati manusia untuk mengubah kondisi, dengan demikian bencana alam dan bencana ulah manusia tidak akan terjadi.”

“Supaya tahun 2020 dapat benar-benar semakin sejahtera dan tenteram, sangatlah penting untuk mempelajari sutra dan mantra Buddhadharma ! Selama Anda masih bisa berdana, maka berdanalah untuk membantu para insan ! Selain itu, daya batin dan ucapan Anda bisa digunakan untuk berdana, menjapa mantra juga merupakan salah satu bentuk berdana kepada para insan. Contohnya, seperti bencana kebakaran besar di Australia, asalkan kita semua mengembangkan kebajikan dalam hati, dan bersatu menjapa Mantra Peredam Bencana, maka petaka dapat diubah !” 

Mantra Peredam Bencana : “Ta chi zha zha la. Ta chi lu lou li. Ma ha lu lou li. A la mo la. Duo la. Suoha.”

 
✫彡 Menjaga Ketenangan Hati Dapat Menyingkirkan Kerisauan

Umat manusia masa kini hidup dengan penuh kesibukan dan ketegangan, ada orang yang belajar meditasi untuk mengatasi stres, ada yang berpartisipasi dalam 7 kelas meditasi, Dharmaraja Liansheng mengungkapkan : 

“Meditasi yang sejati bukan hanya duduk diam, tidak pula dibatasi oleh panjang atau pendeknya waktu, segala aktivitas, bahkan duduk dan tidur juga merupakan bentuk meditasi, leburkan meditasi dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dalam setiap aktivitas, Anda dapat memusatkan perhatian, mencapai kondisi ‘Tunggal’, inilah meditasi. Oleh karena itulah Sakyamuni Buddha mengatakan, ‘Setiap saat berada dalam kondisi meditasi.’ Meditasi bukan hanya pada saat duduk diam belaka. Membaca Sutra Satyabuddha ( Zhenfojing ) dan Sutra Raja Agung ( Gaowangjing ) dapat membuat hati Anda menjadi tenteram, asalkan hati tenteram, maka itulah meditasi.”


✫彡 Dharmaraja Liansheng Memanjatkan Doa kepada Avalokitesvara Bodhisattva

Di penghujung wawancara, kedua tangan Dharmaraja Liansheng beranjali, memanjatkan doa bagi semua makhluk : “Pada permulaan tahun yang baru ini, marilah kita panjatkan permohonan kepada Mahamaitri Mahakaruna Avalokitesvara Bodhisattva, supaya Hati Welas Asih Nya melindungi para insan, supaya semua sehat sentosa, segala harapan yang baik dan wajar dapat sesuai kehendak, segala petaka berubah menjadi kemujuran, kebajikan semakin teguh, supaya semua insan dapat hidup dengan bahagia, dan segala hal baik yang dilakukan dapat menjadi sempurna. Di tahun yang baru ini, memanjatkan permohonan kepada para Buddha, Bodhisattva, Vajra, Dharmapala, Daka, Dakini, dan para Devata, supaya melindungi semua insan, supaya semua tenteram, manggala, bahagia dan sempurna. Om Mani Padme Hum.”


◎ Tbboyeh (真佛般若藏)
Gratis baca buku terbaru Dharmaraja Liansheng secara daring !

Setelah menerbitkan buku pertamanya “Danyanji” semasa masih duduk di perguruan tinggi, hingga saat ini Dharmaraja Liansheng telah menulis buku yang ke-275. Sudah berapa banyak buku karya tulis Dharmaraja yang Anda baca ? Sekarang Anda bisa menggunakan ponsel, tablet, atau komputer untuk masuk ke situs Tbboyeh, dan membaca karya tulis Dharmaraja Liansheng dengan gratis. 

Anda juga bisa menemukan buku, artikel, atau Dharmadesana yang ingin Anda baca dengan menggunakan kata kunci melalui fitur pencarian ! 

Situs Tbboyeh : https://www.tbboyeh.org/


◎ 1 Februari 2020 Upacara Agung Musim Semi Avalokitesvara Bodhisattva

Pada tanggal 1 Februari 2020, Rainbow Temple (彩虹雷藏寺) Seattle Amerika Serikat akan menyelenggarakan Upacara Agung Homa Avalokitesvara Bodhisattva dan transmisi sadhana, dengan tulus mengundang Mulacarya Dharmaraja Liansheng Lu Shengyan untuk secara langsung memimpin upacara dan untuk pertama kalinya menganugerahkan transmisi Sadhana Istadevata Yeshe Tsogyal. 

Mengajak semua untuk berpartisipasi dengan penuh sukacita, memohon Avalokitesvara Bodhisattva dan sepuluh penjuru Buddha Bodhisattva untuk memancarkan cahaya adhisthana, supaya semua umat yang hadir atau yang mendaftarkan diri dapat mengikis karmavarana, menyingkirkan petaka, menambah berkah dan memperpanjang usia, sehat dan tenteram, keluarga harmonis, supaya semua yang hidup maupun yang telah meninggal dunia dapat memperoleh manfaat Dharma. Supaya segala harapan yang baik dan wajar dapat terpenuhi, manggala dan sempurna, bersama mengecap Dharmasukha, berbasuh cahaya Buddha.

Kegiatan Upacara Musim Semi 2020 yang Dipimpin oleh Dharmaraja Liansheng :

01 Feb 2020 – Upacara Agung Musim Semi Homa Avalokitesvara Bodhisattva
09 Feb 2020 – Upacara Homa Sarvanivaranaviskambhin Bodhisattva
16 Feb 2020 – Upacara Homa Vajrapani Bodhisattva
23 Feb 2020 – Upacara Homa Usnisavijaya Bhagavati

Lokasi upacara : Rainbow Temple (彩虹雷藏寺) 14310 476th Ave SE, North Bend, WA 98045 USA

Tautan pendaftaran daring Rainbow Temple:
http://tbs-rainbow.org/報名與供養/

Atau telepon ke Taiwan Lei Tsang Temple : (049) 231-2992


◎ Taiwan Lei Tsang Temple Berbagi Angpao di Tahun Baru Imlek

Di Taiwan Lei Tsang Temple terdapat pameran buku dan lukisan karya Dharmaraja Liansheng yang diselenggarakan untuk jangka waktu selamanya.

Tanggal 25 Januari 2020 ( Tahun Baru Imlek ) Taiwan Lei Tsang Temple akan berbagi angpao berkah yang telah diadhisthana oleh Dharmaraja Liansheng. 

Pada pukul 11:00 siang hari ada Ritual Mahapuja kepada Buddha, dengan tulus mempersembahkan sarana puja terbaik kepada para Buddha dan Bodhisattva. 

Pada pukul 13:00 di hari yang sama, menyelenggarakan Upacara Pertobatan Satyabuddha. Memohon Dharmaraja Liansheng mengadhisthana semua umat supaya tahun yang baru mendatangkan kemanggalaan, menambah berkah dan memperpanjang usia. 


◎ Dharmaraja Liansheng Mendirikan Sheng-Yen Lu Foundation dan Lotus Light Charity Society Mengamalkan Semangat Kasih Universal Bodhisattva

Sheng-Yen Lu Foundation Telah Mendonasikan US$ 4,000,000

Semenjak tahun 2008 saat Sheng-yen Lu Foundation didirikan oleh Dharmaraja Liansheng, selama rentang waktu 11 tahun ini telah mendonasikan lebih dari US$ 4,000,000, aktif dalam berdana bagi kesehatan, penyembuhan, pendidikan, beasiswa padma, dan bantuan bagi korban bencana, selain itu telah membantu masyarakat prasejahtera di 28 negara. 

Dharmaraja Liansheng menyatakan : “Kesetaraan dalam upeksa adalah konsep dasar Sheng-yen Lu Foundation, berdana tanpa membeda-bedakan suku bangsa, ras, kaya atau miskin, berdana dengan kesetaraan, inilah welas asih agung. Sadhaka mesti menyeberangkan para insan dengan prinsip kesetaraan, mengembangkan welas asih agung tanpa pamrih.”

Pada tahun 2019, bekerjasama dengan 62 organisasi internasional untuk membantu 17,000 masyarakat prasejahtera supaya dapat memperoleh pengobatan dan perawatan yang terbaik, selain itu, membantu 5000 orang pelajar supaya dapat melanjutkan sekolah. 

Pada tahun 2020 telah merencanakan untuk berdonasi sebanyak lebih dari US$ 700,000 kepada 25 lembaga yang menangani persoalan kesehatan dan pendidikan, serta memberi Beasiswa Padma kepada 45 orang pelajar. 

Selain bantuan materi, Sheng-Yen Lu Foundation juga memberikan bantuan dalam bidang kejiwaan, yaitu mendukung penelitian untuk menemukan metode terbaik untuk membimbing para emigran dan pengungsi supaya dapat hidup dengan lebih baik dan positif. 


Lotus Light Charity Society Telah Lama Aktif  Mengulurkan Bantuan bagi yang Membutuhkan
Aktif Membantu Perkembangan Pelajar dari Keluarga Prasejahtera di Taiwan

Semenjak didirikan pada tahun 1993, Lotus Light Charity Society Zhenfo Zong mengemban semangat welas asih agung Dharmaraja Liansheng kepada para insan, aktif memberikan berbagai bentuk bantuan kepada anak-anak pelajar dari keluarga prasejahtera. 

Selama 20 tahun ini telah membantu sebanyak 25,000 anak, dan telah berdonasi sekitar NT$ 60,000,000 ; Selain itu, melalui kegiatan bulanan, Lotus Light Charity Society turut aktif membangun karakter anak-anak pelajar, turut serta dalam membangun kebijaksanaan, meningkatkan kepercayaan diri, dan melatih kemandirian anak, sebab harapan muncul dari kepercayaan diri. 

Selain itu, sejak tahun 2013 telah menyelenggarakan kegiatan : “Marathon Maitri”, hanya dengan berlari 200 meter dapat memperoleh donasi kasih sebesar NT$ 1 dari Lotus Light Charity Society. Sampai saat ini ada 58 sekolah yang berpartisipasi, sedangkan jarak lari yang ditempuh oleh para guru dan pelajar jika dijumlahkan dapat mengitari Taiwan sebanyak 356 putaran. Bantuan untuk mewujudkan cita-cita pelajar telah mencapai lebih dari NT$ 2,000,000, selain itu juga membantu sekolah untuk melakukan renovasi, serta perawatan sarana dan prasarana. Kegiatan ini sungguh merupakan kegiatan maitrikaruna yang bermanfaat bagi jiwa dan raga para guru dan pelajar. 

Judul Asli :
蓮生活佛談金鼠年開運妙方

Klik di sini untuk versi bahasa Mandarin

◎ Situs TBSN Terbaru ( Mandarin ) :
https://ch.tbsn.org/

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :

http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.