Halaman Utama > Fokus Internasional > Bagian 5 – Berita Kilat Lintas Nilai Sosial Budaya dan Religi Zhenfo Zong Indonesia – Simposium Tuhan dan Alam


Bagian 5 – Berita Kilat Lintas Nilai Sosial Budaya dan Religi Zhenfo Zong Indonesia – Simposium Tuhan dan Alam

Tanggal 23 November 2019 merupakan pagi hari ketiga dari acara Lintas Nilai Sosial Budaya dan Religi Zhenfo Zong Indonesia, panitia mengundang Acarya Shi Lianfei (釋蓮飛上師) dari True Buddha Foundation ( TBF ) sebagai pemandu acara. Tema simposium pagi hari itu adalah : “Membaca Ulang Panteisme Tantrayana Dalam Kakawin dan Manuskrip-Manuskrip Kuno Nusantara.”

Pembicara pertama adalah Dr. Ida Bagus Putu Suamba dari Bali, membahas  Tantra Bali, mengupas mengenai bijaksara dalam Tantra ; Prof. Dr. Ida Bagus Putu Suamba adalah seorang profesor yang khusus mempelajari Tantra di Nusantara. Setelah agama berpadu dengan kebudayaan setempat selama bertahun-tahun, akan terjadi perubahan dalam banyak segi, akan tetapi, dalam hal pembinaan batiniah, tetap ada banyak persamaan, seperti ajaran Tantra mengenai : Membuka pancacakra, bijaksara, kundalini dan pemanunggalan dengan alam semesta. Meskipun Dr. Ida Bagus Putu Suamba bukan seorang praktisi Tantra, namun beliau sangat memiliki banyak pengetahuan akan Tantra. Beliau meraih gelar doktor arkeologi di India, merupakan seorang cendekia yang khusus mempelajari Tantra Bali. 

Pembicara yang kedua adalah Ery Soedewo M Hum dari Medan, yang membahas : Interpretasi ritual Tantra dari situs purbakala di Padang Lawas. Ery Sodewo M Hum adalah seorang arkeolog yang meneliti kebudayaan peninggalan bersejarah di Sumatera Utara, beliau pernah menemukan arca batu Heruka yang sudah tidak utuh lagi, beliau juga telah menemukan banyak arca Tantra, dalam simposium beliau juga mengisahkan bahwa Y.A. Atisa pernah berbhavana di Jambi. 

Pembicara yang ketiga adalah : Prof Dr Noerhadi Magetsari dari Universitas Indonesia, tema yang dibawakan adalah : Vajrayana di Nusantara. Prof. Dr. Noerhadi Magetsari adalah seorang profesor senior kehormatan yang berusia lebih dari 80 tahun, beliau memiliki banyak siswa arkeolog. Beliau menjadi dosen di dua universitas besar di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia di Jakarta dan Universitas Gajah Mada di Yogyakarta. 

Pada tahun 2018 beliau pernah ke Taiwan untuk berjumpa dengan Dharmaraja Liansheng, dan beliau sangat menghormati Dharmaraja. Beliau teristimewa mempelajari candi Buddha di Indonesia, terutama memiliki pengetahuan yang sangat mendalam terhadap Candi Agung Borobudur, beliau sangat memahami seluk beluk Pancadhyani Buddha dan relief Borobudur. Meskipun bukan penganut, namun beliau sangat memahami Tantra. Walau beliau tahu bahwa di Indonesia belum ditemukan peninggalan bersejarah Kalacakra, namun dalam simposium kali ini beliau juga membahas perihal Kalacakra. Tahun lalu, Prof. Dr. Noerhadi Magetsari memperoleh penghargaan prestasi seumur hidup dalam bidang arkeologi, beliau adalah seorang arkeolog yang sangat berprestasi dan dihormati. 

Pembicara keempat adalah : Dr Lydia Kieven dari Universitas Bonn Jerman, yang membahas : Relief Kisah Panji di Jawa Timur dan Tafsir Tantranya. Dr. Lydia Kieven pernah menjadi seorang dosen di Sydney Australia. Beliau telah mempelajari kebudayaan kuno Jawa Timur selama lebih dari 30 tahun, dan sangat memiliki pengetahuan mendalam mengenai candi-candi Buddha di Jawa Timur, terutama dalam hal relief candi, beliau dengan saksama membaca kisah yang terukir pada relief candi. Beliau adalah seorang doktor yang sangat terkenal di Indonesia, sehingga dalam simposium kali ini ada banyak mahasiswa yang datang untuk menyimak. 

Banyak mahasiswa di arena yang merupakan siswa dari para arkeolog pembicara, setelah mengetahui bahwa Zhenfo Zong menekuni Tantra, mereka menyatakan harapannya untuk belajar Tantra di Vihara Vajra Bumi Nusantara, supaya dapat lebih memahami Tantra. Ada salah satu mahasiswa yang menjadi sekretaris di Museum Nasional Jakarta, ia memberitahukan bahwa di Museum Nasional terdapat banyak benda purbakala Tantra. 

Meskipun simposium hari itu menggunakan bahasa Indonesia, ketua TBF : Acarya Lianhua Chengzu (蓮花程祖上師), para Acarya, biksu, dan biksuni hadir untuk menyimak. Setelah acara simposium, banyak pembicara dan mahasiswa yang juga menghadiri Upacara Homa Hevajra. 

Kunjungan para Acarya TBF kali ini menjalin komunikasi erat dengan para cendekia Indonesia, para cendekia mempelajari Tantra, sedangkan Mulacarya Dharmaraja Liansheng tidak hanya sangat memahami ajaran Tantra namun juga menekuninya, setahap demi setahap mencapai keberhasilan bhavana, mengamalkan Dharma Tantra, sempurna dalam teori dan praktik, memasuki Samadhi manunggal dengan Kesadaran Mahatinggi Alam Semesta. 

Buddhadharma laksana samudra, luas tak bertepi, Mulacarya Dharmaraja Liansheng yang bijaksana menuntun para siswa untuk bersadhana setiap hari, dari phala menuju hetu, melalui dhyana-samadhi membuka prajna dan mencapai Mahasiddhi. Jika ahli astronomi mempelajari ilmu astronomi, maka Zhenfo Zong menjadi astronot yang secara langsung mempraktikkan ilmunya, secara langsung berjalan di permukaan planet lain, dengan nyata mencerahi kesejatian jagat raya. 

Pada hari ini, acara Lintas Nilai Sosial Budaya dan Religi Zhenfo Zong Indonesia telah paripurna, dan berhasil menjalin silaturahmi antara Zhenfo Zong dengan para cendekia kehormatan Indonesia. 

Keterangan foto :
Dari kiri ke kanan : Dr Ida Bagus Putu Suamba, Ery Soedewo M Hum. Nomor 2 dari kanan : Dr Lydia Kieven, paling kanan adalah : Prof. Dr. Noerhadi Magetsari.

Judul Asli :
2019年11月23日【真佛宗印尼宗教與學術文化交流】 -- 「印尼密宗座談會」

Klik di sini untuk versi bahasa Mandarin

◎ Situs TBSN Terbaru ( Mandarin ) :
https://ch.tbsn.org/

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :

http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.