Halaman Utama > Fokus Internasional > Konferensi Perdana Relawan Publikasi Internet


Konferensi Perdana Relawan Publikasi Internet

【Liputan TBS Malaysia】

Selama dua hari, mulai tanggal 11 s.d. 12 Oktober 2019, True Buddha Foundation ( TBF ) bekerja sama dengan Federal Tantric Buddhism Chen Foh Chong Malaysia ( Ma-mi-zong 馬密總 ) menyelenggarakan Konferensi Perdana Relawan Publikasi Internet.

Kegiatan ini diprakarsai oleh direktur Departemen Publikasi TBF : Acarya Shi Lianyue (釋蓮悅上師), dan mengundang : Acarya Lianhua Chengzu (蓮花程祖上師) selaku ketua TBF yang berkenan untuk memberikan kata sambutan dan kata penutup, serta menghadiri keseluruhan kegiatan konferensi ini, untuk memberikan dukungan dan dorongan semangat bagi tim publikasi. 

Konferensi diselenggarakan di Vihara Vajragarbha Boyeh ( Boye Leizangsi / 般若雷藏寺) di Klang Malaysia, dihadiri oleh ketua Departemen Humas TBF : Acarya Shi Liantai (釋蓮太上師), Acarya Shi Lianfu (釋蓮夫上師), Acarya Shi Lianyun (釋蓮允上師), profesor Gu dari Taiwan, para relawan dan penanggung jawab bidang publikasi audio visual dan publikasi tertulis, serta departemen publikasi internet, beserta 20 orang penanggung jawab dan ahli dalam bidang publikasi internet dari berbagai wilayah di Malaysia, serta mengundang artis televisi terkenal : Sdri. Janelle Chin sebagai pemandu acara. 

Ketua TBF : “Situs resmi memiliki peranan yang sangat besar dalam membangun aliran di masa depan, karena dapat membabarkan Zhenfo Zong.”

Konferensi dibuka dengan kata sambutan dari Acarya Lianhua Chengzu selaku ketua TBF. Acarya menyambut kedatangan semuanya, dan mengungkapkan bahwa TBF telah menghimpun sumber daya manusia yang andal untuk bersama membangun aliran. Beliau mengungkapkan, dalam forum diskusi aliran ini, para pengacara, para cendekia, dan para relawan telah gigih mempersembahkan 365 hari kehidupannya selama setahun ( setiap hari ) untuk memberikan sumbangsih bagi Zhenfo Zong. 

Ketua TBF menyampaikan bahwa selama dua hari kegiatan ini, beliau juga dapat belajar bersama para peserta, karena teknologi berkembang dengan sangat pesat, dan konferensi ini merupakan kesempatan yang sangat langka untuk belajar. “Seorang pemimpin mesti memahami terlebih dahulu, baru bisa memimpin dengan baik.”

Ketua TBF juga berharap supaya dapat menghimpun lebih banyak lagi sumber daya manusia yang andal untuk bersama memajukan Zhenfo Zong. Beliau juga memuji bahwa Acarya Lianyue memiliki semangat juang yang patut diteladani. 

Acarya Lianhua Chengzu juga berharap supaya semua dapat meluangkan waktu untuk berpartisipasi dalam acara Sanghadana Kathina Zhenfo Zong dan Lokakarya Pusdiklat Weide yang diselenggarakan oleh True Buddha Foundation bersama Federal Tantric Buddhism Chen Foh Chong Malaysia.

Acarya Lianhua Chengzu mengungkapkan bahwa TBF telah mulai membuka stan khusus TBF tiap kali Rainbow Temple (彩虹雷藏寺) menyelenggarakan upacara yang dipimpin oleh Mahaguru. 

TBF adalah sebuah lembaga pelayanan yang bersifat aktif, dan melakukan pelayanan dalam segala bidang, contohnya : Pada setiap kegiatan besar, TBF akan membuka stan untuk melayani semua umat dan simpatisan, terutama bagi yang ingin mengajukan permohonan izin untuk tempat ibadah resmi, atau bagi orang yang ingin bersarana, ingin belajar bagaimana bersadhana, atau bahkan ingin mengenal TBF. Ini adalah semangat melayani, ketua TBF pun menerapkan semangat melayani untuk memberikan sumbangsih bagi Zhenfo Zong. 

Begitu bangun di pagi hari, ketua TBF selalu membuka situs resmi aliran, sebab beliau sangat memandang penting situs resmi Zhenfo Zong. Beliau memuji semangat para direktur TBF dan tim publikasi, semua adalah yang terbaik, dan semua sangat aktif, inilah daya pendorong bagi publikasi situs resmi untuk terus maju. Beliau berharap supaya situs resmi banyak membabarkan mengenai Zhenfo Zong, mengumumkan kegiatan donasi, sehingga semua dapat mengetahui adanya kegiatan penggalangan dana dan dapat tergerak untuk turut memberikan dukungan ; Diharapkan melalui situs resmi dan melalui Acarya Liantai (蓮太上師) yang bertanggung jawab untuk mengelola yayasan Sanghadana ini, para pembaca dapat tergerak untuk berdana. 

Ketua TBF mengungkapkan bahwa situs resmi memiliki peranan yang sangat besar dalam membangun Zhenfo Zong di masa depan, beliau berharap supaya semua banyak memberikan masukan dan saran yang berharga demi membabarkan Zhenfo Zong. 

Acarya berharap supaya umat di seluruh dunia, baik itu yang memiliki latar belakang pendidikan bahasa Inggris atau Mandarin, atau terlebih bagi yang berbahasa Indonesia, atau yang berasal dari berbagai negara lainnya, dapat membuat kerja publikasi menjadi lebih baik, dan melalui situs resmi memasukkan Zhenfo Zong dalam berbagai segi kehidupan, memberikan sumbangsih besar bagi masyarakat, sehingga semua dapat lebih mengenal Mahaguru dengan baik, mengenal Zhenfo Zong, bahkan belajar Buddha, berbhavana sesuai tahapan, dan yang terpenting dapat mencapai keberhasilan bhavana. 

Menurut ketua, sumbangsih ini menghasilkan daya pahala yang sangat besar, sebab dilakukan demi masa depan Zhenfo Zong dan demi memberi manfaat bagi semua makhluk, kita sedang menjalin jodoh Dharma, supaya lebih banyak insan yang dapat memperoleh kesempatan untuk belajar Buddha, oleh karena itu, tanggung jawab yang kita pikul sangat besar. 


Direktur Departemen Publikasi TBF, Acarya Shi Lianyue : “Poros utamanya adalah menemukan strategi utuh untuk membuka masa depan publikasi Zhenfo Zong.” 

Berikutnya, Acarya Shi Lianyue (釋蓮悅上師) selaku direktur Departemen Publikasi TBF memberikan kata sambutan. Dalam hati kita semua, beliau meyakini bahwa Mahaguru merupakan semangat kita bersama, beliau juga sangat berterima kasih kepada Acarya Lianhua Chengzu, kali ini kita dapat berhimpun bersama, semua berkat dukungan ketua TBF, oleh karena itu, TBF periode kali ini sangat gigih untuk bersama menapaki masa depan ketinggian yang patut dinantikan, beliau berterima kasih kepada ketua TBF yang terus menyediakan sumber daya, memberikan dukungan dan perhatian. 

Dalam TBF periode kali ini, Acarya Lianyue menjabat sebagai direktur publikasi, dan sekarang telah memasuki tahun kedua, dari sanubari yang penuh rasa haru, beliau ingin menyelenggarakan konferensi ini, berharap dapat memulai jalinan yang sesuai dengan harapan. Selama 2 tahun ini, dalam publikasi bahasa Mandarin, ada tiga media publikasi utama, yaitu : Enlightenment Magazine ( Randeng / 燃燈 ), True Buddha News ( Zhenfobao / 真佛報 ) dan situs resmi TBSN. 

Dalam proses penerbitan, Enlightenment Magazine dan True Buddha News telah sangat tertata, ikatan mereka dengan TBF periode ini juga sangat baik, berawal dari tahun lalu saat TBF mempersiapkan penyelenggaraan Upacara Agung Atisa di Indonesia, dari satu upacara “Janji Sewu Tahun”, diperluas menjadi dua kegiatan sebelum upacara, yaitu “Tapak Tilas Sewu Tahun”. Mulai dari kegiatan pertama di Candi Muaro Jambi, sampai selanjutnya di Borobudur, tim Enlightenment Magaizne dan True Buddha News terus mengikuti rombongan untuk meliput, semua menulis liputan khusus yang panjang bagi kegiatan tersebut. Ini merupakan rasa haru dan pengalaman pertama beliau, “Kita benar-benar bisa !” Karena selama kegiatan tersebut, semua terus saling berinteraksi, sehingga timbul komunikasi dan ikatan yang sangat menyentuh sanubari. Oleh karena itu, tiap kali kita teringat sebuah kegiatan penting, maka kita mesti langsung berjuang bersama tim Enligtenment Magazine dan True Buddha News ! 

Acarya Lianyue mengemukakan, tim situs resmi Zhenfo Zong ( TBSN ) juga sungguh luar biasa. Sebab kali ini kita berhadapan dengan masa pembaruan situs TBSN, dan ini merupakan rencana yang telah sangat lama mengendap dalam benak kita semua, yang akhirnya dapat diwujudkan oleh TBF periode kali ini. 

Semua kawan juang yang hadir di sini, semua kerabat dan umat Sedharma, semua sedang giat demi publikasi internet, setiap hari terus berinteraksi melalui grup daring, tiap kali mendengar suara notifikasi grup, hati Acarya selalu terharu, suara tersebut menyentuh sanubari, kesempatan berhimpun kali ini juga diprakarsai melalui rasa haru. 

Tim publikasi internet TBSN berasal dari dua tempat yang sangat penting, yaitu Taiwan dan Malaysia. Di Taiwan, bidang teknologi memiliki perencanaan dan pemikiran yang sangat penting, para relawan di Malaysia juga sangat tekun memberikan sumbangsih setiap hari, oleh karena itu demi meningkatkan kualitas berbagai segi publikasi utama TBSN, semua mesti saling mengenal, dan memanfaatkan kesempatan kali ini untuk membangun standar ketinggian dan keluasan masa depan Zhenfo Zong. Ini merupakan momen yang merangkai konferensi tim publikasi internet menjadi rangkaian japamala yang sempurna. 

Saat ini kita berada di persimpangan peralihan media lama menuju ke media baru, dan tahapan ini merupakan kesempatan besar bagi Zhenfo Zong. Kita mesti menyadari dan menghargai masa kini, juga masa media lama yang kaya akan pengalaman, di zaman serba konkrit ini, media mesti dapat menyajikan informasi dapat disentuh, digenggam, dan dilihat. Dalam hal publikasi, terutama adalah media, sesungguhnya pembabaran Dharma televisi yang dilakukan oleh Cetiya Zhongguan (中觀堂) saat ini telah mencapai 20 tahun lamanya. 

Acarya merasa bahwa dirinya adalah insan media lama, dan pemikirannya adalah pemikiran media lama. Ada banyak orang yang bertanya, kenapa kita tidak membuat stasiun televisi sendiri ? Sesungguhnya pembabaran Dharma melalui media televisi selama 20 tahun telah menggunakan sangat banyak sumber daya, bahkan terus maju sambil memikul beban berat demi menjalankan tugas yang mulia, hanya dalam satu proyek ini saja telah menguras banyak sumber daya, apalagi jika hendak mendirikan sebuah stasiun televisi. 

Pada masa media lama, untuk perangkat keras sebuah stasiun televisi saja telah menguras banyak sumber daya, namun melangkah masuk pada masa media baru, yang perlu kita miliki adalah teknologi yang dapat menjangkau jauh ke depan, inilah bagian yang kurang dikuasai oleh orang yang memiliki basis pemikiran media lama, oleh karena itu saat ini Zhenfo Zong sedang berada dalam tahap perpaduan antara media lama dan media baru.

Kita memiliki pengalaman dalam waktu lama berkecimpung di dalam dunia media, juga pengalaman dalam hal ajaran Mahaguru, dalam masa media baru ini, kita memerlukan lebih banyak lagi pemikiran kreatif dari Anda semua. Pada masa media lama, mungkin karena aliran kita belum memiliki sumber daya dan tenaga yang cukup, sehingga kita mengalami kalah start. Namun tidak menjadi persoalan, karena saat ini adalah masa-masa penentuan untuk melangkah masuk ke dalam masa media baru, dalam masa penentuan ini, sebuah perencanaan yang matang sangat penting. 

Di tahap perpaduan antara media lama dan media baru ini, saat ini kita punya banyak sumber daya, kita memiliki sumber daya manusia andal yang hadir di sini, di masa media baru ini, semua anggota menjadi sangat penting. Memulai masa depan Zhenfo Zong bukan hanya merupakan kewajiban tim publikasi saja, terlebih untuk masa depan baru bagi pembabaran Dharma, kita perlu mengandalkan semuanya. 

Seperti Acarya Liantai yang bertanggung jawab dalam humas, jika humas hendak menjalankan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan peduli Sangha, dari manakah mereka memulainya ? Tentu dari publikasi, dan isinya mesti menyentuh serta bermanfaat. 

Sebenarnya di masa perpaduan media lama dan baru ini, Acarya memiliki harapan yang sangat tinggi, beliau yakin bahwa Acarya Lianhua Chengzu memimpin TBF menggunakan sudut pandang yang sangat tinggi dalam melihat Zhenfo Zong, demikian pula Acarya Lianyue sendiri di departemen publikasi, senantiasa menggunakan sudut pandang sangat tinggi untuk melihat Zhenfo Zong secara keseluruhan. 

Apa yang mesti kita lakukan untuk menampilkan Zhenfo Zong ? Mesti bisa menetapkan standar ketinggian ini, sebab dengan adanya sudut pandang di ketinggian baru bisa tahu keluasannya. Setelah ketinggian dan keluasan dibangun dengan baik, di mana pun kita berada tidak akan menjadi persoalan, sebab kita memiliki satu tekad untuk menapaki masa depan. Terlebih yang hadir saat ini adalah para generasi muda, isi suara hati Acarya adalah berharap supaya kita bersama menetapkan standar ketinggian yang pasti disepakati oleh semua. 

Saat menyelenggarakan kegiatan di Indonesia, Acarya sempat berpesan, upacara di Indonesia bukan hanya upacara ritual belaka, melainkan mesti menampilkan sudut pandang ketinggian dari Dharmaraja Liansheng, kita mesti bersama mencari ketinggian ini, kemudian berupaya untuk mewujudkannya, demikian pula publikasi, kelak setelah semua memiliki kesepakatan bersama akan ukuran ketinggian ini, diharapkan kelak semua yang hadir saat ini dapat benar-benar mahir dalam kerja publikasi Zhenfo Zong.

Dalam konferensi publikasi selama 2 hari ini, semua mesti mendiskusikan hal yang juga hendak dipelajari oleh Acarya, yaitu masa media baru dan multimedia, bagaimana di masa kini mengaplikasikan teknologi untuk Zhenfo Zong ? Melalui tema ini, marilah kita terus melangkah menuju teknologi masa depan. Kita mesti memahami sumber daya dan pemikiran masa depan, oleh karena itu pengaplikasikan teknologi dalam Zhenfo Zong merupakan tema yang sangat penting, merupakan kerja yang sangat penting bagi konferensi kali ini, yaitu memahami apa itu masa media baru dan multimedia, serta menemukan strategi yang utuh, tanpa strategi ini, melakukan apa pun akan sukar untuk menguasai prinsip yang sesungguhnya. Oleh karena itu, topik utama publikasi kali ini adalah bagaimana cara menemukan strategi utuh, kita mulai dari menemukan strategi untuk membuka masa depan Zhenfo Zong. 

Usai kedua Acarya memberikan kata sambutan, semua mengundang profesor Gu Haoxiang (顧皓翔) dari Taiwan untuk berbagi : “Mengaplikasikan Teknologi Informasi di Zhenfo Zong” ; Dilanjutkan oleh sdr. Lin Zhengwei (林正偉) dari Taiwan yang berbagi : “Marketing Konten : Memperluas Pengaruh Melalui Marketing Konten.” dan “Yang Perlu Diperhatikan Mengenai Pencarian”.

Penanggung jawab internet Zhenfo Zong sekaligus penasihat hukum Federal Tantric Buddhism Chen Foh Chong Malaysia, pengacara Huang Yueqin (黃月琴) membagikan : “Arah Perkembangan dan Masa Depan Situs Resmi Zhenfo Zong, serta Laman Resmi Informasi Zhenfo Zong” ; Relawan publikasi Departemen Publikasi memperkenalkan akun resmi di LINE dan rancangan menggunakan Instagram ; Sdri. Hui Qiang berbagi : “Internet Portabel dan Pengoperasian Pengguna Tim Publikasi”. 

Semua penuh antusias berdiskusi, mengungkapkan pandangan serta memberikan masukan masing-masing, diskusi berjalan dengan penuh suasana keakraban persaudaraan Vajra. Semua merasakan bahwa setiap kelas memberikan banyak manfaat, bahkan mempererat ikatan satu sama lain,  yang dapat memperlancar kerja sama di masa mendatang. 

Dalam konferensi kali ini, tim publikasi juga telah menyusun beberapa rencana dan tim baru, menyusun bagan organisasi tim publikasi saat ini, selain itu, Master Bing Wei (秉偉) yang berada di lokasi juga berkenan untuk menyusun materi bagi situs resmi Zhenfo Zong. 

Setelah interaksi, pembelajaran, dan diskusi bersama selama dua hari ini, usai kegiatan interaksi kelompok, pada tanggal 12 Oktober pukul 18:30 konferensi pun usai dengan sempurna. Tim publikasi TBF akan kembali berkarya untuk memadukan teknologi dan kebudayaan demi mewujudkan cita-cita mulia Dharmaraja Liansheng dan Zhenfo Zong.  

Judul Asli :
第一屆網絡文宣菁英聯誼會

Klik di sini untuk versi bahasa Mandarin

◎ Situs TBSN Terbaru ( Mandarin ) :
https://ch.tbsn.org/

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :

http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.