Halaman Utama > Fokus Internasional > Liputan Pra Ujian Seleksi Pandita Tahun 2019 di Taiwan


Liputan Pra Ujian Seleksi Pandita Tahun 2019 di Taiwan


Disusun oleh TBS True Buddha News - Taiwan 

Setelah sempat vakum selama beberapa tahun, akhirnya ujian seleksi pandita kembali digelar pada tahun ini, lokasi pelaksanaannya dibagi menjadi 4 di seluruh dunia, saat ini ujian telah diselenggarakan di tiga negara, dan yang terakhir, ujian akan diselenggarakan di Taiwan. 

Waktu ujian di Taiwan adalah tanggal 13 s.d. 14 Juli 2019, dan diselenggarakan di Taiwan Lei Tsang Temple ( 台灣雷藏寺 ). Peserta ujian di Taiwan kali ini berjumlah 24 orang, yang terbagi menjadi : 5 orang peserta ujian seleksi Pandita Dharmaduta, dan 19 orang mengikuti ujian seleksi Pandita Lokapalasraya, para peserta masing-masing berasal dari Taiwan, Hong Kong, Singapura, Australia, Swedia dan Jerman, total 6 negara yang berbeda. 

Pada pagi hari pukul 9, ketua True Buddha Foundation ( TBF ) : Acarya Lianhua Chengzu ( 蓮花程祖上師 ), beserta para direktur TBF : Acarya Liandong (蓮東上師), Acarya Lianhe (蓮訶上師), Acarya Lianyue (蓮悅上師), Acarya Lianseng (蓮僧上師), dan Acarya Liantai (蓮太上師), serta didampingi oleh Acarya Lianchuan (蓮傳上師), Acarya Lianman (蓮滿上師), dan ketua True Buddha School Vajrayana Association of R.O.C. : Acarya Lianou (蓮歐上師), ketua Taiwan Lei Tsang Temple : Acarya Lianzhe (蓮哲上師), Acarya Lianzai (蓮栽上師), dan Acarya Lianwei (蓮衛上師), berkumpul bersama untuk berpartisipasi dalam upacara pembukaan.

Dalam kata sambutannya, Acarya Lianhua Chengzu menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerjasama dari berbagai lembaga di keempat negara, sehingga kegiatan kali ini dapat berjalan dengan lancar, terima kasih pula kepada para Acarya senior yang tanpa kenal lelah bersedia untuk menempuh penerbangan jarak jauh demi menjadi pembina dan pengawas ujian. Acarya menanyai para peserta, apakah benar-benar memahami Hati dan harapan dari Mahaguru, untuk menaati instruksi dari Mahaguru, bekerjasama dengan kepemimpinan TBF ? Semua hadirin menjawab dengan tepukan tangan, mengungkapkan kerelaan diri untuk memberikan sumbangsih bagi Zhenfo Zong. Acarya memuji para peserta yang memiliki tekad mulia untuk mengikuti instruksi Dharmaraja Liansheng, supaya silsilah aliran ini dapat terus lestari. Terlebih adalah banyak peserta dari negara lain yang rela menempuh penerbangan jauh untuk mengikuti ujian seleksi, semua membuktikan niat mulia untuk bersama mengemban tanggung jawab berat sebagai Dharmaduta. 

Usai upacara pembukaan, semua berfoto bersama di depan altar mandala lantai 1 Taiwan Lei Tsang Temple, kemudian menuju ke lokasi rapat untuk menyimak penjelasan intisari materi ujian. Terlebih dahulu, direktur departemen Dharmabakti TBF : Acarya Liandong menjelaskan detail jadwal dan hal yang mesti diperhatikan selama ujian. Dilanjutkan oleh Acarya Lianman dan Acarya Lianchuan yang menyampaikan tema : Kesadaran benar dalam belajar Buddha yang mesti dimiliki oleh para Dharmaduta, materi yang disampaikan oleh kedua Acarya senior tersebut merupakan kelas pertama. Kedua Acarya membabarkan materi dengan sangat baik, menggunakan cara yang sederhana dan jelas untuk menekankan pandangan benar dan berbagai hal yang mesti dipahami oleh semuanya. Usai jam istirahat, direktur departemen publikasi TBF : Acarya Lianyue, mengupas tema : “Mulacarya Dharmaraja Liansheng, serta sumber dan silsilah Zhenfo Zong.”, dengan menggunakan bahasa tubuh yang lincah dan perumpamaan yang baik, Acarya membuat para peserta semakin memahami nadi silsilah dan makna empat macam alat sadhana. 

Di sore hari, ketua TBF : Acarya Lianhua Chengzu menjelaskan setiap butir aturan dalam AD/ART Zhenfo Zong, serta berpesan kepada segenap peserta yang akan menjadi rohaniwan, supaya dalam mengelola tempat ibadah dan menyelenggarakan berbagai kegiatan Dharmabakti, senantiasa menaati hukum negara masing-masing, dan sesuai dengan AD/ART Zhenfo Zong. Selain itu, Acarya juga berpesan kepada para peserta perwakilan tempat ibadah, supaya tempat ibadah membina generasi muda, membuat supaya tiga generasi umat ( usia lanjut, usia pertengahan, dan muda ) di tempat ibadah dapat menjalani bhavana dengan penuh semangat, dengan demikian barulah tempat ibadah dapat terus beroperasi dengan baik, dan Sadhana Tantra Zhenfo dapat terus lestari dalam setiap generasi. 

Kelas berikutnya dibawakan oleh Acarya Liantai selaku direktur departemen humas TBF, sekaligus ketua Persekutuan Agama Buddha Tantrayana Chen Foh Chong Malaysia ( disingkat : Mamizong - 馬密總), membantu para peserta untuk memahami ruang lingkup Dharmabakti Pandita Dharmaduta dan Pandita Lokapalasraya, serta menyemangati segenap peserta untuk mempelajari materi ujian yang telah disampaikan oleh TBF dengan sebaik-baiknya, sebab materi tersebut sangat membantu untuk ujian keesokan harinya. 

Direktur departemen pendidikan TBF : Acarya Lianhe mengupas buku saku : “Pengenalan Zhenfo Zong”, terutama mengulas hal utama di dalamnya, berharap supaya para peserta dapat memahami isi buku saku tersebut, bukan hanya demi ujian, melainkan sebagai pedoman kelak dalam melakukan pembabaran Dharma, sehingga dapat lebih baik lagi dalam menuntun umat. 

Terakhir, Acarya Lianwei selaku guru pelantunan di Pusdiklat Weide (威德佛學院) Taiwan Lei Tsang Temple, memberikan bimbingan kepada para peserta mengenai bagaimana menggunakan alat pengiring puja dengan baik dan benar, serta menekankan berbagai hal dan kiat yang perlu diperhatikan dalam pelantunan, dengan harapan dapat membantu para peserta supaya menguasai materi ujian pelantunan dan dapat mengikuti ujian dengan lancar, sehingga kelak saat kembali ke tempat ibadah masing-masing, dapat menggunakan pelantunan yang merdu sebagai sarana untuk menuntun para insan melebur dalam sutra dan mantra. 

Kelas materi pra ujian tanggal 13 Juli 2019 telah usai, setelah santap malam bersama, para peserta memanfaatkan waktu yang ada untuk mendalami kembali materi ujian, dan belajar pelantunan, seiring harapan supaya ujian tanggal 14 Juli dapat berjalan dengan lancar dan mangala.

Judul Asli :
宗委會2019年真佛宗講師助教甄選 - 台灣考區考前報導

Klik di sini untuk versi bahasa Mandarin

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :
http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.