Halaman Utama > Fokus Internasional > Liputan Lokakarya Dharmaduta Zhenfo Zong Tanggal 29 Juni 2019


Liputan Lokakarya Dharmaduta Zhenfo Zong Tanggal 29 Juni 2019


【#TBS Liputan Lianhua Qiujin, Indonesia】

Pada tanggal 29 Juni, dalam kelas ke-9, Acarya Liantai (蓮太上師) selaku pembimbing mengulas : Bodhipaksika Dharma, dan terutama mengupas Smrtiupasthana. 

Dalam Kelas ke-10 yang dibimbing oleh Acarya Liandong (蓮東上師), diulas mengenai : Sejarah agama Buddha. Acarya mengupas permulaan agama Buddha, persebarannya, agama Buddha tradisi selatan, dan agama Buddha tradisi utara, pengulasan dilakukan dengan menggunakan peta dunia sebagai sarana. Agama Buddha tradisi selatan terutama tersebar di Thailand, selain itu juga tersebar di Indonesia. Di Nusantara pernah ada tokoh agung seperti Y.A. Suvarnadvipa Dharmakirti, Y.A. Atisa, yang juga berhubungan dengan agama Buddha tradisi Tibet. 

Kelas ke-11 dibimbing oleh Acarya Lianman (蓮滿上師) dan Acarya Lianchuan (蓮傳上師) yang mengulas : Pengenalan dasar fu. Acarya memperkenalkan makna dan cara menggunakan fu, serta beberapa hal yang mesti diketahui dalam menggambar fu. Ada banyak hal yang mesti diperhatikan dalam menggambar fu, sadhaka yang ingin belajar menggambar fu mesti melakukannya dengan saksama, dan tidak boleh sembarangan.

Kelas ke-12 adalah kelas yang terakhir, dibawakan oleh Acarya Lianyue (蓮悅上師) yang mengulas : Cara membimbing dan mengelola tempat ibadah. Begitu mulai, Acarya langsung melontarkan pertanyaan, bagaimana supaya tempat ibadah terus berkembang ? Ada dua syarat utama, yang pertama adalah tempat ibadah tersebut mesti memperoleh maha-adhisthana dari Mahaguru, dan para Buddha Bodhisattva. Yang kedua, diri sendiri mesti tekun. Acarya memperlihatkan sebuah foto susunan banyak sepatu, dan minta supaya semua memerhatikannya dengan saksama, kemudian beliau menanyakan apa kesan yang muncul setelah melihatnya. Foto tersebut digunakan oleh Acarya untuk membahas pentingnya teladan langsung dari pengurus tempat ibadah. Lebih lanjut lagi, dalam mengelola tempat ibadah kita mesti mengamalkan Catur-apramana-citta, dengan demikian tempat ibadah baru bisa terus berkembang dengan pesat. 

Setelah kelas berakhir, langsung dilakukan upacara penutupan. Terlebih dahulu adalah kata sambutan ketua True Buddha Foundation ( TBF ), kemudian memilih 10 orang perwakilan untuk menerima sertifikat kelulusan langsung dari Acarya, dan berfoto bersama. Kemudian, Acarya Lianfei (蓮飛上師) memandu semua untuk bersama menyanyikan dua buah lagu : “Gan-en Shi-zun” ( Terima Kasih Mahaguru ) dan “Qing-fo-zhu-shi” ( Gatha Prathana ). Berikutnya, enam peserta dipanggil sebagai perwakilan semua peserta untuk naik ke podium menyampaikan kesan dan pesan, viharagita juga dikumandangkan sebagai selingan sesi ini.

Acara dilanjutkan, para Acarya memandu semua peserta untuk menyalakan pelita, menyalurkan nyala pelita, berpradaksina dan memutar roda mantra. Kembalinya prosesi pradaksina ke bhaktisala menandakan bahwa kegiatan Lokakarya Dharmaduta Zhenfo Zong Tahun 2019 telah sempurna dan mangala. 


Judul Asli :
2019年真佛宗宗委會舉辦講師助教甄選 -- 印尼區 -- 29日活動報導

Klik di sini untuk versi bahasa Mandarin
 

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :
http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.