Halaman Utama > Fokus Internasional > Liputan Lokakarya Dharmaduta Zhenfo Zong Tanggal 28 Juni 2019


Liputan Lokakarya Dharmaduta Zhenfo Zong Tanggal 28 Juni 2019


【#TBS Liputan Lianhua Qiujin, Indonesia】

Pada tanggal 28 Juni 2019 pagi hari, usai presensi, semua berfoto bersama di halaman depan bhaktisala vihara. Ada beberapa yang datang terlambat, mereka langsung berlari dan ikut bergabung untuk foto bersama. Usai foto bersama, hasil jepretan kamera langsung tersebar dalam grup di sosial media, semua merasa gembira sekaligus bangga dapat melihat diri sendiri menjadi salah satu bagian dalam foto bersama di acara Lokakarya Dharmaduta Zhenfo Zong Tahun 2019. 

Kelas ke-5 dibawakan oleh Acarya Lianseng (蓮僧上師) dengan tema : Tahapan bhavana Tantra Zhenfo dan hal yang perlu diperhatikan dalam kehidupan bersadhana. Buddhadharma seluas samudra, ajaran Tantra luas tak bertepi, mustahil untuk mengulas semua tahapan Sadhana Tantra Zhenfo dalam waktu satu jam saja. Acarya Lianseng telah meringkasnya sampai pada intisari, kemudian mengulasnya dengan beberapa perumpamaan yang tepat. Beliau mengulas Hinayana, Mahayana, Vajrayana, utpattikrama, dan Sampannakrama. Selain itu juga mengupas perihal tahapan kiat bhavana dan beberapa hal krusial yang mesti diperhatikan, semua yang dikupas merupakan intisari dari bhavana. 

Kelas ke-6 dibawakan oleh Acarya Lianyue (蓮悅上師) yang mengulas pentingnya silsilah Zhenfo. Acarya telah menyiapkan alat peraga untuk menekankan bahwa seorang sadhaka mesti menjadi sebuah bejana yang tepat baru bisa disebut sebagai sadhaka sejati. Jika kita hanya menjadi sebuah bejana rusak, atau bejana kotor, atau bahkan bejana yang tertutup, maka bhavana tidak akan bisa mencapai keberhasilan. Beberapa cangkir yang digunakan sebagai alat peraga, meninggalkan kesan mendalam bagi para peserta. 

Kelas ke-7 dan ke-8 dibimbing oleh Acarya Lianman (蓮滿上師) dan Acarya Lianchuan (蓮傳上師), karena Acarya yang mesti menjadi pembimbing dalam kelas tersebut sedang tidak enak badan, maka kedua Acarya senior tersebut menggantikannya untuk menjadi Acarya pembimbing. Dan yang kebetulan adalah, kelas yang dibawakan oleh Acarya Lianman dan Acarya Lianchuan selalu bertepatan dengan usai santap siang, oleh karena itu, Acarya Lianman terlebih dahulu memberi tahu bahwa usai jam makan siang adalah suasana yang menyebabkan orang paling mudah mengantuk, namun beliau berwelas asih mengingatkan kami, boleh saja memejamkan mata, namun telinga harus selalu dipasang untuk mendengar penyampaian materi Dharma. Saat mengulas Abdi Guru Pancasika, Acarya menggunakan beberapa contoh konkrit dan pengandaian, supaya semua ingat pentingnya menghormati Guru silsilah. Acarya juga mengupas mengenai sadhana, menata altar, dan cara penggunaan vajra dan ghanta dalam pelimpahan jasa. Pengulasan yang sangat menarik membuat para peserta melupakan rasa kantuk dan sibuk mencatat hal-hal penting dalam buku masing-masing. 

Judul Asli :
2019年真佛宗宗委會舉辦講師助教甄選 -- 印尼區 -- 28日活動報導

Klik di sini untuk versi bahasa Mandarin
 

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :
http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.