Halaman Utama > Fokus Internasional > TBF dan Majelis Zhenfo Zong Malaysia Mengunjungi Jurusan Sastra Tionghoa University of Malaya untuk Studi Banding


TBF dan Majelis Zhenfo Zong Malaysia Mengunjungi Jurusan Sastra Tionghoa University of Malaya untuk Studi Banding


Pada sore hari tanggal 4 Juli 2019, seluruh anggota komite utama True Buddha Foundation ( TBF ) dan perwakilan dari Persekutuan Agama Buddha Tantrayana Chen Foh Chong Malaysia ( disingkat : Mamizong - 馬密總), berkunjung ke jurusan Sastra Tionghoa di University of Malaya di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur.  

University of Malaya merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki sejarah paling lama di Malaysia, dan sejak jurusan Sastra Tionghoa (Department of Chinese Studies ) di fakultas sastra universitas dan perguruan ilmu sosial Malaya didirikan pada tahun 1965 sampai sekarang, telah menelurkan lebih dari 3900 lulusan, 130 orang magister, dan 20 orang doktor. 

Tujuan dari kunjungan kali ini adalah untuk menimba pengalaman dalam mengelola institusi pendidikan dari Dr. Pan Bihua (潘碧華) selaku direktur Sastra Tionghoa di University of Malaya, selain itu, kami juga memberikan satu seri karya tulis Dharmaraja Liansheng, untuk memperkaya koleksi karya tulis dan sebagai bahan studi para mahasiswa di University of Malaya.

Dipandu oleh ketua TBF, Acarya Lianhua Chengzu  (蓮花程祖上師), satu rombongan yang terdiri dari : Acarya Shi Liantai (釋蓮太上師) selaku direktur Humas TBF sekaligus ketua ‘Mamizong’, direktur departemen pendidikan TBF : Acarya Shi Lianhe (釋蓮訶上師), direktur departemen keuangan TBF : Acarya Shi Lianyin (釋蓮印上師), direktur departemen pengawasan TBF : Acarya Shi Lianseng (釋蓮僧上師), direktur departemen Dharmabakti : Acarya Shi Liandong (釋蓮東上師), direktur departemen publikasi : Acarya Shi Lianyue (釋蓮悅上師), wakil ketua ‘Mamizong’ : Acarya Shi Lianfu (釋蓮夫上師), kepala sekolah Pusdiklat Dade ‘Mamizong’ : Pandita Dharmaduta Lianhua Ximei (蓮花細妹講師), sekretaris umum ‘Mamizong’ : Pandita Dharmaduta Shiyi (蓮花時浥助教), bendahara umum ‘Mamizong’ : Sdr. Lin Lianrong (林聯榮), pengurus pusat ‘Mamizong’ : Sdr. Zhou Weitian (周唯田), humas CNI : Sdr. Wu Zhengang (伍振剛), dan segenap anggota publikasi ‘Mamizong’ tiba di perguruan tinggi tersebut pada pukul 14:30. Dengan dipandu oleh Dr. Pan Bihua, terlebih dahulu rombongan kami mengunjungi Perpustakaan Asia Timur. Pengelola perpustakaan memperkenalkan berbagai karya tulis akademisi ahli dan penulis dari berbagai negara di dunia, yang berupa makalah penelitian lokal dan satu seri karya sastra yang menggambarkan kearifan lokal. Berikutnya, rombongan kami berkunjung ke jurusan Sastra Tionghoa di Univeristy of Malaya untuk studi banding. 

Terlebih dahulu, Dr. Pan Bihua memperkenalkan para dosen dan mata kuliah Sastra Tionghoa, serta panduan pengelolaan institusi pendidikan, lebih lanjut lagi kami melakukan studi untuk memahami karakteristik mata kuliah semester pendek dan cara memulainya. 

Kepada para pengajar dan mahasiswa Sastra Tionghoa, ketua TBF : Acarya Lianhua Chengzu memperkenalkan anggota rombongan kami, serta tujuan kunjungan kali ini, dan memperkenalkan perkembangan Zhenfo Zong, kedua belah pihak melakukan studi banding mengenai konsep pendirian institusi pendidikan, metode yang digunakan, hal yang perlu diperhatikan dalam program akademis internet, perencanaan studi ilmiah, serta cara menyelenggarakan kegiatan pendidikan. 

Melalui artikel ini, kami ingin kembali menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pengajar dan mahasiswa di Sastra Tionghoa University of Malaya yang telah meluangkan waktu untuk studi banding, teristimewa kepada : Dr. Pan Bihua ( Lektor Kepala sekaligus direktur ), Dr. Zheng Tinghe ( wakil direktur ), Dr. Zhu Jiafeng ( Lektor Kepala ), Dr. Wang Xiujuan ( dosen senior ), Dr. Cai Xiaoling ( dosen senior ), Dr. Xie Yilun ( pascadoktoral ), dan Chen Bingwei ( mahasiswa doctoral ).

Acarya Lianhua Chengzu menyerahkan satu seri karya tulis Dharmaraja Liansheng untuk memperkaya ruang data jurusan Sastra Tionghoa. Setelah kedua belah pihak saling bertukar cendera mata, kegiatan studi banding yang istimewa ini berakhir dengan sempurna pada pukul 5 sore hari itu. 

Judul Asli :
真佛宗宗委會與馬密總參訪馬來亞大學中文系進行學術交流

Klik di sini untuk versi bahasa Mandarin
 

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :
http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.