Halaman Utama > Fokus Internasional > Semesta Merayakan Hari Jadi Buddha Guru


Semesta Merayakan Hari Jadi Buddha Guru

 

《 TBS – Seri ‘Bersama Buddha’ dari Seattle Ling Shen Ching Tze Temple 》

Kamis, 20 Juni 2019 ( Tanggal 18 bulan 5 Imlek ) merupakan hari besar yang paling penuh sukacita bagi Zhenfo Zong, hari ini adalah hari jadi Dharmaraja Liansheng Lu Sheng-yan. Sejak pagi vihara cikal bakal telah menata berbagai sarana puja terbaik, termasuk di antaranya karangan bunga segar dan kue tar, dan tepat pada pukul 11 siang diselenggarakan pujana agung pada Buddha. Banyak umat dari berbagai negara yang datang untuk merayakan hari jadi Mahaguru di Seattle, mereka menyalakan dupa dan pelita sebagai persembahan kepada Buddha, seiring doa semoga Mahaguru sehat dan panjang usia, senantiasa menetap di dunia, memutar Dharmacakra demi semua makhluk.

Pada hari jadi Mahaguru kali ini, segenap direktur True Buddha Foundation ( TBF ) hadir di Seattle untuk merayakan hari jadi Buddha Guru bersama semua umat. Pada siang hari, TBF juga telah mempersiapkan kue tar yang sangat cantik, dan saat lagu ucapan selamat ulang tahun mulai dinyanyikan, suara tepuk tangan juga ikut membahana, ucapan selamat terus mengalir seiring dengan harapan yang baik dari semua untuk Mulacarya Dharmaraja Liansheng. Pada hari yang dirayakan oleh semesta ini, Mahaguru juga secara langsung menekan tombol pembukaan situs resmi Zhenfo Zong versi terbaru ( TBSN ), membuka lembaran baru internet Zhenfo ! 

Di tengah hari, setelah santap bersama usai, beberapa umat telah membuat janji untuk berhimpun bersama di Seattle Ling Shen Ching Tze Temple (西雅圖雷藏寺) membaca Satyabuddha Sutra, di mana dalam sutra disebutkan bahwa puja dan membaca sutra ini di hari jadi Buddha Guru dapat memenuhi semua harapan yang baik dan wajar. 

Pada saat santap malam di aula makan Seattle Ling Shen Ching Tze Temple, selain telah disajikan berbagai hidangan lezat, tim paduan suara Tianyin Yayue juga mempersembahkan paduan suara kepada Buddha Guru, selain itu, ada pula umat yang menampilkan kepiawaian dalam memainkan kecapi Tiongkok, suasana sangat meriah, semua penuh sukacita merayakan hari jadi Buddha Guru. 

Usai santap malam, donatur santap malam juga telah mempersiapkan kue tar yang nampak sangat menggugah selera, semua bersama menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Melangkah keluar dari aula makan vihara, Mahaguru berwelas asih memberikan adhisthana jamah kepala kepada setiap siswa yang hadir. 

Semua mengikuti langkah Mahaguru masuk ke dalam bhaktisala untuk bernamaskara kepada Buddha, kemudian segenap rohaniwan dan umat berfoto bersama Mahaguru dan Gurudara di tangga depan bhaktisala. Saat para siswa mengelilingi Mahaguru dan Gurudara, terpancar kehangatan rasa kekeluargaan vajra Zhenfo, pada setiap raut wajah nampak senyuman bahagia. 

Usai bernamaskara di bhaktisala, semua kembali mempersembahkan berbagai pentas, seperti : menyanyi, menari, kungfu, dan lain sebagainya. Setelah melangkah keluar dari vihara, Mahaguru berpamitan dengan semua, serangkaian acara peringatan hari jadi Guru telah usai sempurna dengan penuh kebahagiaan. 

Kami para siswa dengan tulus mempersembahkan doa harapan :

Di dunia fana yang keruh ini,
Sungguh sukar untuk berjumpa dengan Buddha.
Sembah puja kepada Buddha Liansheng,
Engkau adalah pelita penerang dunia.
Mohon Buddha menetap di dunia,
Senantiasa dalam Siddhi Amitayus. 
Aktivitas ikrar Bodhicitta terunggul,
Selamanya menyeberangkan semua makhluk.

 













Judul Asli :
普天同慶賀佛誕,天地同壽蓮生佛

Klik di Sini untuk Versi Bahasa Mandarin
 

◎ Situs TBSN Terbaru ( Mandarin ) :
https://ch.tbsn.org/

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :
http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.