Halaman Utama > Fokus Internasional > Ujian Seleksi Pandita Tahun 2019 Sesi Pertama Telah Terselenggara di Seattle Amerika Serikat


Ujian Seleksi Pandita Tahun 2019 Sesi Pertama Telah Terselenggara di Seattle Amerika Serikat

【Berita TBF Seattle Amerika Serikat】

Terima kasih atas adhisthana dari Mulacarya Dharmaraja Liansheng Sheng-yen Lu, Ujian Seleksi Pandita Tahun 2019 telah resmi dimulai ! Pada tanggal 17 s.d. 18 Juni 2019, selama 2 hari, Ujian Seleksi Pandita Lokapalasraya ( Zhujiao ) dan Pandita Dharmaduta ( Jiangshi ) telah terselenggara dengan lancar di Rainbow Temple (彩虹雷藏寺).
    
Pada ujian kali ini, ada 21 peserta dari wilayah Amerika dan Kanada yang mendaftarkan diri. 14 di antaranya adalah peserta ujian seleksi Pandita Lokapalasraya, dan 7 orang Pandita Lokapalasraya yang mengikuti ujian seleksi Pandita Dharmaduta. 
 
Demi menghasilkan rohaniwan berkualitas untuk melayani di tempat ibadah di berbagai wilayah, membabarkan Dharma Tantra Zhenfo, memberikan manfaat kepada para insan yang berjodoh, maka True Buddha Foundation ( TBF ) selain menghadirkan ketujuh direktur, juga secara khusus mengundang para Acarya senior dan Acarya yang memiliki pengalaman dalam Dharmabakti untuk mengajar dalam lokakarya. 

Para Acarya pembimbing kali ini antara lain : Acarya Lianhua Chengzu (蓮花程祖上師), Acarya Liandong (蓮東上師), Acarya Lianman (蓮滿上師), Acarya Lianchuan (蓮傳上師), Acarya Liantai (蓮太上師), Acarya Lianyue (蓮悅上師), Acarya Lianhe (蓮訶上師), Acarya Lianyan (蓮彥上師), dan Acarya Lianxi (蓮喜上師). 

Pada tanggal 17, pukul 9 pagi hari, setelah ketua TBF, Acarya Lianhua Chengzu memberikan kata sambutan, lokakarya berbahasa Mandarin dengan terjemahan bahasa Inggris resmi dimulai. Para Acarya pembimbing dengan penuh totalitas berbagi ilmu dan memberikan dukungan kepada para peserta, supaya para peserta dapat lulus dalam ujian tertulis, wawancara, dan pelantunan, sehingga dapat memiliki kualifikasi menjabat sebagai Pandita Lokapalasraya dan Pandita Dharmaduta. 

Para Acarya berbagi contoh nyata dan berbagai pengalaman berharga, serta dengan sangat detail mengupas kesadaran benar dalam belajar Buddha yang mesti dimiliki oleh seorang pandita, membabarkan pentingnya menaati sila, bagaimana supaya setiap saat dapat mengenalkan pengalaman keberhasilan bhavana dari Mulacarya kepada orang lain, memperkenalkan silsilah Zhenfo Zong, keistimewaan Dharma Tantra Zhenfo, bagaimana cara menghadapi dan mengatasi persoalan yang mungkin terjadi dalam Dharmabakti, bagaimana seorang pandita memimpin puja bakti, serta kiat-kiat penting untuk memimpin ritual dan kiat dalam pelantunan. 

Meskipun lokakarya hanya terdiri dari 6 kelas, para peserta tidak menyia-nyiakan setiap kesempatan yang ada, pada saat yang tepat mereka melontarkan pertanyaan untuk mohon petunjuk dari para Acarya pembimbing, interaksi aktif para pembimbing dan peserta membuat suasana lokakarya menjadi penuh semangat ! 
 
Berkat penjelasan yang langsung mengena dan mudah dimengerti, para peserta dapat memahami bahwa sesungguhnya kita semua adalah anggota dalam Mandala Mahapadmakumara Putih ( Mulacarya Dharmaraja Liansheng ). Para peserta juga merasakan harapan besar dari para Acarya kepada mereka, yaitu berharap supaya setelah mereka menjadi pandita, dapat terus mempertahankan tekad awal, dan bersedia untuk memikul tanggung jawab membabarkan Dharma. Berharap supaya para peserta benar-benar memahami bahwa setelah menjadi pandita dan mengenakan jubah rohaniwan, jangan teperdaya oleh nama, godaan, dan kesombongan, sraddha mesti semakin kukuh, bhavana semakin tekun, semakin meningkatkan kualitas batin, terus tekun belajar untuk menyucikan diri sendiri, menjadi rohaniwan yang benar-benar berkualifikasi dan berkualitas. 

Pada hari pertama lokakarya, para Acarya memberikan dorongan semangat kepada para peserta, serta mengungkapkan bahwa inti dari ujian kali ini ada pada materi lokakarya hari ini, sehingga setelah pulang dari lokakarya hari ini, para peserta dapat kembali mendalami semua materi yang baru saja diterima. Para Acarya mendoakan semoga para peserta dapat dengan lancar dan penuh sukacita menjalani ujian. 

Keesokan harinya, merupakan hari ujian, pagi hari adalah ujian tertulis bagi peserta ujian seleksi Pandita Lokapalasraya dan Pandita Dharmaduta. Di tengah tiupan angin sepoi, pada pukul 9 pagi, para peserta telah berkumpul di lokasi ujian tertulis, setelah panitia memeriksa tanda pengenal para peserta, Acarya Liandong menjelaskan tahapan ujian dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ujian tertulis, wawancara, dan pelantunan, berikutnya, lembar soal ujian yang berbeda pun mulai dibagikan sebagai tanda ujian telah dimulai. Pengawas ujian mengawasi berjalannya ujian dengan sangat ketat, para peserta juga memiliki kesadaran untuk mematuhi aturan larangan berbicara selama ujian berlangsung. 

Pada sore hari pukul 01:30, di lokasi yang berbeda, diselenggarakan ujian pelantunan dan ujian wawancara. Acarya penguji pelantunan dan wawancara antara lain : Acarya Lianhua Huijun (蓮花慧君上師), Acarya Lianxi (蓮喜上師), dan Acarya Lianyan (蓮彥上師). Panitia memandu para peserta untuk bergiliran masuk ruang ujian secara berregu. Dari dalam ruang ujian pelantunan terdengar bunyi muyi ( kentungan ), dangzi, dan hezi ( simbal ), serta berbagai alat pengiring puja, mengiringi pelantunan berbagai gatha dan Nama Buddha. Untuk menilai ketekunan dan kemahiran para peserta dalam hal pelantunan, para Acarya penguji telah mempersiapkan soal ujian bagi setiap regu yang berbeda,  dan dijamin setiap peserta memperoleh kesempatan untuk membunyikan setiap alat pengiring, para peserta yang menunggu giliran ada yang nampak tenang, ada juga yang diam-diam menyeka keringat dingin, dari raut wajah setiap peserta nampak kesungguhan mereka terhadap pelantunan. Setelah menjalani ujian pelantunan, peserta memasuki lokasi berbeda untuk menantikan ujian wawancara. 

Acarya penguji ujian wawancara terdiri dari kelompok kecil 7 orang komite utama TBF dengan Acarya Lianchuan, setelah 8 orang Acarya penguji melontarkan pertanyaan kepada peserta, mereka menyimak jawaban peserta kemudian memberikan penilaian. Berbeda dengan suasana ruang ujian pelantunan yang ramai, pintu ruang ujian wawancara tertutup rapat, isi ruang ujian wawancara sama sekali tidak terlihat dan tidak terdengar dari luar, suasana nampak sangat ketat. 

Kami yakin, para peserta yang telah menjalani ujian wawancara semakin memahami apa saja yang perlu diri sendiri tingkatkan, dan dalam jalan bhavana mendatang pasti dapat menjadi semakin baik. Seiring berjalannya setiap ujian yang penuh dengan suasana disiplin, waktu turut mengalir, sampai akhirnya ujian wawancara telah berakhir, dan pada pukul 5 sore, Ujian Seleksi Pandita Dharmaduta Tahun 2019 dan Ujian Seleksi Pandita Lokapalasraya periode ke-6 pun telah usai. 

Para direktur komite utama TBF akan terlebih dahulu menghimpun nilai ujian dan nilai keseluruhan dari para peserta, dan setelah melaporkan hasil ujian seleksi kepada Mulacarya Dharmaraja Liansheng, barulah kemudian hasilnya diumumkan kepada semua. 










 

Judul Asli :
2019年講師甄選暨第六屆助教甄選 第一站美國西雅圖區順利圓滿完成

Klik di Sini untuk Versi Bahasa Mandarin

◎ Situs TBSN Terbaru ( Mandarin ) :
https://ch.tbsn.org/

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :
http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.