Halaman Utama > Fokus Internasional > 8 Juni 2019 Puja Bakti Sadhana Istadevata Padmakumara di Seattle Ling Shen Ching Tze Temple Amerika Serikat


8 Juni 2019 Puja Bakti Sadhana Istadevata Padmakumara di Seattle Ling Shen Ching Tze Temple Amerika Serikat

《Berita TBS – Seattle Ling Shen Ching Tze Temple西雅圖雷藏寺 》

Seattle Ling Shen Ching Tze Temple adalah vihara cikal bakal Zhenfo Zong, arus Dharmayatra para siswa dari berbagai negara terus mengalir. Pada Puja Bakti Sadhana Istadevata Padmakumara malam hari ini, bagian dalam dan luar vihara dipenuhi oleh umat dari berbagai negara. Rombongan Acarya berjalan menuju ke Taman Arama Zhenfo untuk menjemput Mahaguru, dengan prosesi yang sangat agung dan khidmat, dengan tulus mengundang Dharmaraja Liansheng untuk naik Dharmasana membabarkan Dharma bagi semua insan.

Usai puja bakti yang khidmat dan sempurna, terlebih dahulu Dharmaraja Liansheng membahas pertanyaan dari Acarya Lianyin (蓮印上師), mengapa Buddha pertama yang disebutkan dalam Sutra Raja Agung disebut sebagai Buddha Rahasia Cahaya Suci ( Jing-guang-mi-mi-fo ) ? 

Mahaguru menjelaskan, secara harfiah, cahaya suci adalah cahaya terang yang sepenuhnya bersih, merupakan yang paling rahasia dalam Tantra, bisa dibilang merupakan cahaya suci kebijaksanaan, serta cahaya suci kesadaran mula. Sumber dari semua batin dan materi adalah berasal dari cahaya suci. Cahaya suci tiada noda, cahaya suci adalah Buddhata, dan Buddhata tidak terpengaruh oleh kotoran, merupakan cahaya yang sepenuhnya suci bersih. 

Menurut sabda Sang Buddha, semua makhluk memiliki Buddhata, semua makhluk memiliki cahaya suci, hanya saja cahaya tersebut belum nampak, namun bukan berarti cahaya suci telah terkontaminasi, yang terkontaminasi adalah tubuh, ucapan, dan pikiran manusia. Saat muncul kerisauan dalam hati, maka itu tandanya telah terkontaminasi. Manusia juga terkontaminasi oleh daya karma, saat muncul rasa tamak dalam hati, kemudian mencuri barang milik orang lain, sehingga mengotori batin sendiri, dan inilah yang disebut sebagai karma perbuatan.

Selain itu, karma-vipaka berarti bagaimana rupa Anda saat ini, penyakit apa yang Anda derita, di negara mana Anda terlahir, dari orangtua yang mana Anda terlahir, seluas apa kebijaksanaan Anda, berapa banyak harta Anda, segala hal yang Anda alami, semua disebut karma-vipaka ( buah karma ), karma-vipaka juga bisa mencemari Anda. Semenjak dahulu sampai sekarang, semenjak sekarang sampai mendatang, semenjak masa mendatang sampai selanjutnya, semua berada dalam karma-vipaka.

Aktivitas kesadaran adalah kesan batin. Semua karma yang diperbuat, baik itu besar maupun kecil, semua menciptakan kesan dalam batin Anda, ini adalah aktivitas kesadaran. Semua insan tidak terpisah dari aktivitas kesadaran, kesadaran bersama dengan karma. Sebuah perumpamaan sederhana, kita isi sebuah gelas dengan air bersih, maka akan ada rasa air bersih. Jika tanah dimasukkan ke dalamnya, maka air itu akan menjadi keruh dan berpasir. Jika ditambah dengan lemon, akan berasa lemon, sedangkan percampuran dari berbagai rasa adalah kita setiap insan. 

Dalam proses belajar Dharma dan berbhavana, Anda memahami bahwa karma yang diperbuat di kehidupan lampau dapat menjadi karma-vipaka, selain itu, ada sebuah gudang yang sangat besar disebut ‘vijnana’ ( kesadaran ), yang menyimpan semua karma dan karma-vipaka Anda. Setiap orang telah tercemar, semua perilaku selama hidup ini telah menciptakan impresi dalam batin. Semua kerisauan batin telah mencemari diri sendiri, dan saat ini berbhavana demi menyingkirkan semua kotoran, kembali pada cahaya suci yang mula, yaitu Buddhata, asal dari Buddha.

Dalam bhavana, Anda dapat fokus pada penjapaan mantra atau penjapaan Nama Buddha, secara bertahap Anda telah membersihkan semua kotoran. Japa mantra adalah pembersihan ucapan, visualisasi adalah pembersihan pikiran, dan membentuk mudra adalah pembersihan tubuh. Tantra menggunakan tiga metode pembersihan ini, untuk menyingkirkan semua kotoran dalam jiwa raga. Seringkali umat manusia tidak bisa memilih untuk terlahir di mana, sebab dalam botol diri telah terisi banyak hal. Anda mesti melebur dalam cahaya suci, supaya memperoleh purifikasi, menjadi air yang bersih, cahaya Buddha dan Bodhisattva terpancar pada diri Anda, dan Anda dapat mencapai keberhasilan bhavana. 

Mahaguru menceritakan, ada umat yang berkonsultasi, ia menekuni Pernapasan Botol sampai kundalini bangkit, ia merasa dirinya berada dalam kobaran api. Seperti homa, menggunakan api eksternal dari homa untuk membakar semua kerisauan batin, dan batin direpresentasikan melalui kayu homa yang merupakan salah satu persembahan dalam homa. Jika diri sendiri benar-benar telah membangkitkan kundalini, berarti segala kerisauan batin, karma perbuatan, karma-vipaka, dan aktivitas kesadaran juga mesti telah terbakar, kemudian membakar rumah ( tubuh jasmani ) diri, pada akhirnya menjadi cahaya suci, berpulang pada mula. Mula atau sumber dari segala sesuatu adalah cahaya suci, yaitu Buddhata. 

Apa itu rahasia ? Semua yang dibabarkan oleh Mahaguru adalah rahasia. Buddha Rahasia Cahaya Suci adalah Adi Buddha, sumber dari segala sesuatu adalah Buddha Rahasia Cahaya Suci. 

Mahamudra dalam Tantra pertama kali ditransmisikan oleh Adharma Buddha ( Adi Buddha ) kepada Ratnamatikumara, Ratnamatikumara adalah Padmakumara. Dari sini dapat diketahui bahwa pada masa Adi Buddha, Padmakumara sudah ada, dan Padmakumara adalah penjelmaan dari Adi Buddha sendiri, Beliau merupakan Guru Sesepuh pertama dari Mahamudra. 

Sang Buddha pernah terlahir sebagai Raja Sthamavat yang terus merenungkan perkara kehidupan, saat Beliau bermeditasi, ada dua kuntum padma yang mekar, muncul dua sosok Padmakumara dari dalamnya, yang satu adalah Ratnamatikumara, dan yang satu adalah Ratnasamudgatakumara, keduanya adalah Padmakumara. Kedua Kumara tersebut memandu Raja Sthamavat ( Kehidupan lampau dari Sakyamuni Buddha ) untuk memohon Dharma kepada Suvarnaprabha Buddha. Oleh karena itu, saat Padmakumara sudah ada, Sakyamuni Buddha belum mencapai Kebuddhaan, sebab Ratnamatikumara dan Ratnasamudgatakumara lah yang membimbing Raja Sthamavat untuk bersarana kepada Suvarnaprabha Buddha. Oleh karena itu, Padmakumara sangat penting, Padmakumara adalah pembimbing dari kehidupan lampau Sakyamuni Buddha. Buddha Rahasia Cahaya Suci adalah Adi Buddha, dan yang ada pada saat yang sama dengan-Nya adalah Ratnamatikumara, yaitu Padmakumara, Guru Sesepuh pertama dari Mahamudra. 

Mahaguru juga membabarkan sebuah rahasia lagi, ada kiat yang sangat penting dalam pelatihan Pernapasan Botol, Vajrajapa, Sembilan Tahap Pernapasan Buddha, prana, nadi, dan bindu, serta pancacakra. Istadevata terlahir dari Buddha Rahasia Cahaya Suci, dengan kata lain, terlahir dari Mula Buddhata. Mula Buddhata ini menjelma menjadi Istadevata Anda, asalkan Anda berkontak yoga dengan Istadevata, berarti Anda bersama dengan Buddha. Saat sadhaka berlatih prana, asalkan Istadevata ada dalam diri, maka Ia akan membantu Anda, ini merupakan jalan pintas. 

Selama Anda belum berkontak yoga dengan Istadevata, jalan yang harus Anda tempuh masih sangat panjang, dan bhavana akan sangat sukar. Asalkan Anda telah berkontak yoga dengan Istadevata, berarti Anda telah memperoleh jalan pintas. Jika setiap saat bersama dengan Buddha, apakah Anda masih bisa tersesat ? Saat berbuat keliru, Istadevata akan mengingatkan Anda. Saat kundalini tidak bisa bangkit, Istadevata akan bekerja dalam tubuh Anda, setiap saat membantu Anda, setiap saat bisa manunggal dengan diri Anda. Asalkan berkontak yoga dengan Istadevata, dalam banyak hal Beliau akan membantu Anda. 

Mahaguru adalah Arya Anasrava, kondisi Anasrava adalah berkat bantuan Istadevata, menulis 273 buku juga berkat tuntunan Istadevata, saat bermeditasi atau bersadhana berarti Istadevata yang sedang bersadhana. Ingatlah, asalkan Anda telah berkontak yoga dengan Istadevata, maka bhavana Anda, tulisan Anda, fokus Anda, dan semua perilaku Anda akan manunggal dengan Istadevata, tiada berbeda. 

Selama Anda belum kontak yoga dengan Istadevata, berarti ego Anda yang sedang bekerja, menjadi karma. Manunggal dengan Istadevata berarti Aku Mula yang sedang bekerja, sedangkan orang yang berada dalam kondisi tidak sadar masih punya ego, dan orang yang benar-benar sadar disebut Aku Mula. Kontak yoga dengan Istadevata sangat penting.

Dharmaraja melanjutkan pengulasan Lamdre :

2. Tahap Inti
Ada empat jenis suara menyeramkan dan penampakan tiga jurang berbahaya, jika muncul ketujuh kondisi ini, dalam kondisi antarbhava, mesti mempertahankan lima hal : Sesuai kondisi ini, terlebih dahulu mengenang Guru yang dapat memutus semua ilusi, serta mengenang Istadevata yang diajarkan oleh Sang Guru, segera ingat Istadevata, dan melalui kondisi ini, melalui Nama Tantra memperoleh vyakarana, fenomena ini dan batin diri melebur dalam ekarasa, memperoleh keberhasilan terunggul vidyadhara dalam antarbhava. Namun waspadalah terhadap vyakarana yang sesungguhnya dilakukan oleh mara, hargailah bhavana abhiseka yang diperoleh, terlebih adalah Nama Tantra yang sangat rahasia, mesti sangat dijaga sebagai instruksi pertama dari antarbhava. 

Mahaguru mengulas : Kondisi bardo sama dengan kondisi mimpi, muncul orang yang hendak membunuh Anda, musuh dari kehidupan lampau mencari Anda, atau mendorong Anda jatuh ke jurang, dan banyak suara yang menakutkan akan muncul. Kondisi seperti ini akan dijumpai saat berupa tubuh bardo. Oleh karena itu, mesti memotong habis pikiran buruk, terus mengenang Mulacarya, menjapa Mantra Mulacarya, sehingga semua kondisi buruk tersebut dapat diatasi. Saat mengalami bahaya dalam mimpi, Anda juga bisa mengingat dan menjapa Mantra Istadevata dan Mulacarya Anda. Kemampuan mengendalikan kondisi mimpi menandakan keberhasilan bhavana. 

Saat meninggal dunia, roh Anda keluar, dan saat mengembara berjumpa dengan hal yang sangat buruk, mesti mengingat Mulacarya dan Istadevata, mesti ingat Nama Tantra diri sendiri, semisal : Lianhua ( Nama ), sebab Anda telah menerima vyakarana, maka Anda akan berjalan mengikuti Mulacarya dan Istadevata, dan mencapai alam suci Beliau. 

Akan tetapi, mara juga bisa berubah menjadi Istadevata atau Mulacarya, oleh karena itulah kita mesti mengingat Nama Tantra diri sendiri, mesti tahu Mantra Mulacarya dan Istadevata. Jika sosok tersebut adalah penjelmaan mara, maka saat Anda menjapa Mantra Istadevata atau Mantra Mulacarya, maka mara itu akan lenyap. Jika setelah menjapa mantra, penampakan masih ada, berarti itu benar-benar adalah Istadevata dan Mulacarya Anda, dan sudah sepatutnya Anda mengikutinya, sehingga Anda dapat terlahir di alam suci. 

Asalkan dalam mimpi dapat mengingat Mulacarya, Istadevata, dan Dharmapala, serta Mantra Hati Trimula, setelah Anda japa, Beliau akan muncul untuk menjemput Anda terlahir di Negeri Buddha, ini menandakan bahwa kelak di alam bardo Anda masih bisa mencapai keberhasilan. 

Usai Dharmadesana yang sangat berharga, Mahaguru menganugerahkan Abhiseka Sarana kepada umat baru dari berbagai negara, kemudian mengadhisthana Air Mahakaruna Dharani, dan mengabhiseka pratima Buddha. Sebelum meninggalkan vihara, Mahaguru berwelas asih memberikan adhisthana jamah kepala kepada setiap siswa yang hadir. Di bawah pancaran cahaya rembulan langit Seattle, rombongan Acarya menunggu di bawah tangga vihara, untuk kemudian mengantar Mahaguru kembali ke Taman Arama Zhenfo, mengakhiri serangkaian acara puja bakti yang penuh dengan Dharmasukha di malam hari ini.































Judul Asli :
2019年6月8日美國西雅圖雷藏寺蓮花童子本尊法同修

Sumber :
http://tbsn.org/chinese3/news.php?cid=38&csid=8&id=4846

Siaran Langsung Kebaktian dari Ling Shen Ching Tze Temple, setiap Minggu pukul 10:00 ( WIB )
Siaran Langsung Upacara Homa di Rainbow Temple, setiap Senin pukul 05:00 ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :
http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Buddha Guru.