Halaman Utama > Fokus Internasional > Rapat Komite Utama True Buddha Foundation Desember 2018 Telah Terselenggara dengan Lancar


Rapat Komite Utama True Buddha Foundation Desember 2018 Telah Terselenggara dengan Lancar

【Liputan TBF】

Pada tanggal 20 dan 21 Desember 2018 ( 2 hari ), Ketua True Buddha Foundation ( TBF ) Acarya Lianhua Chengzu ( 蓮花程祖上師 ) memimpin rapat komite utama TBF di Taichung Taiwan, para direktur TBF yang menghadiri rapat kali ini antara lain : 

Direktur Keuangan : Acarya Lianyin (蓮印上師)
Direktur Humas : Acarya Liantai (蓮太上師)
Direktur Pengawasan : Acarya Lianseng (蓮僧上師)
Direktur Pendidikan : Acarya Lianhe (蓮訶上師)
Direktur Dharmabakti : Acarya Liandong (蓮東上師)
Direktur Publikasi : Acarya Lianyue (蓮悅上師)

Terima kasih sebesar-besarnya kami ucapkan kepada Mulacarya Dharmaraja Liansheng dan Gurudara Vajra Acarya Lianxiang yang pada rapat hari kedua berwelas asih hadir untuk memberikan petunjuk kepada TBF, sehingga TBF dapat berupaya untuk mewujudkan harapan Mahaguru terhadap aliran ini, serta memimpin aliran ini untuk melestarikan silsilah. 

Rapat kali ini mengutamkan pembahasan : “Sistem Kepemimpinan Aliran dan Usulan Pembagian Kerja Sistem Kepemimpinan Administrasi Aliran”, “Materi Pembinaan Sebelum Upasampada”, “Pusat Administrasi TBF / Pusat Pendidikan Transmisi Dharma TBF”, "Metode Bimbingan dan Rujukan TBF untuk Pelayanan Rohaniwan di Tempat Ibadah","Proposal Kredit Semester Pendidikan Zhenfo Tahun Pertama" , dan "Laporan Berkala Kerja Tiap Departemen".

Mengenai “Sistem Kepemimpinan Aliran dan Usulan Pembagian Kerja Sistem Kepemimpinan Administrasi Aliran”, setelah mendengarkan penjelasan dari Acarya Lianseng  (蓮僧上師), semua sependapat bahwa penerapan proposal ini menandakan kemajuan TBF. Demi perkembangan aliran, kita perlu membenahi susunan organisasi tiap departemen, membagi tanggung jawab dan kewenangan dengan jelas, serta membina staf administrasi dari berbagai level rohaniwan. Departemen Pengawasan terlebih dahulu melaporkan "Sistem Administrasi dan Struktur Keanggotaan" tiap departemen yang telah diterapkan, direktur tiap departemen TBF akan mengorganisir kinerjanya masing-masing, demi meningkatkan efektifitas kerja pengembangan aliran ini.

Mengenai "Materi Pembinaan Sebelum Upasampada", baru-baru ini telah diterapkan sanski dalam hal personalia, semua merasakan pentingnya pendidikan, ucapan dan perilaku anggota Sangha merupakan publikasi utama bagi aliran ini, tanggung jawabnya sangat besar, oleh karena itu semua sangat memerhatikan materi pendidikan, serta memberikan beberapa masukan dan saran. TBF akan merancang materi pendidikan triwulan, mempelajari data penting dan membina tenaga pengajar, dengan harapan dapat menanamkan benih kebajikan kepada calon penerima sila kebhiksuan, supaya dapat lebih memahami konsep silsilah Zhenfo.

Saat mendiskusikan "Metode Bimbingan dan Rujukan TBF untuk Pelayanan Rohaniwan di Tempat Ibadah" yang diajukan oleh Acarya Lianjin ( 蓮僅上師 ), dan setelah menyimak pengulasan Acarya Liantai ( 蓮太上師 ), semua berpendapat bahwa hal ini penting untuk referensi, serta memahami situasi, kondisi, dan lingkungan bagi penerapan program kepedulian, manajemen, dan penyusunan aturan Sangha yang sempurna bagi rohaniwan aliran ini di masa mendatang. Oleh karena itu, terlebih dahulu mesti mempelajari tanggung jawab dan kewajiban, serta aturan terkait yang mesti ditaati oleh kedua belah pihak ( rohaniwan dan tempat ibadah ), kemudian lebih lanjut lagi bisa menerapkan rancangan tersebut. Departemen Humas mesti kembali menelaah "Proposal Peduli Anggota Sangha", supaya rohaniwan aliran ini dapat mengerahkan upaya terbesar dalam menyeberangkan insan, dan pada saat yang sama memperoleh perhatian yang paling tepat.

Mengenai "Gedung Administratif, Transmisi Dharma, dan Pendidikan TBF", pada tanggal 6 November 2018, Mulacarya Dharmaraja Liansheng berwelas asih memberikan petunjuk bahwa kelak Gedung Administratif, Transmisi Dharma, dan Pendidikan TBF mesti didirikan di Taichung atau Taipei. Pada tanggal 21 Desember 2018, Mulacarya Dharmaraja Liansheng menyetujui TBF untuk mengajukan permohonan registrasi di Taiwan.

Mengenai "Proposal Kredit Semester Pendidikan Zhenfo Tahun Pertama" , setelah mendengarkan laporan singkat dari Acarya Lianhe ( 蓮訶上師 ), semua mengakui ketekunan tim pendidikan selama setahun belakangan, yang telah menganalisis sistem kredit dari universitas maupun akademi, secara profesional merampungkan materi pembelajaran wajib dan pilihan dalam pendidikan Zhenfo level 1, terus berupaya, dan dengan saksama menggalakkannya, supaya konsep pendidikan Zhenfo dipahami secara menyeluruh, serta memicu minat dan tekad para siswa untuk belajar. Pada tanggal 21 Desember 2018, Mulacarya Dharmaraja Liansheng berwelas asih memberikan petunjuk bahwa sekolah daring pendidikan Zhenfo mesti dibentuk di Malaysia.

Berikutnya adalah laporan kerja tiap departemen, antara lain :

"Penyebaran Buklet Kenangan Dharmapala Prabha untuk Kesehatan" , "Kegiatan Seleksi Pandita Lokapalasraya dan Pandita Dharmadhuta Tahun 2019" , "Pemeriksaan Perpanjangan Masa Jabatan Pandita Lokapalasraya dan Pandita Dharmadhuta" , "Pengembangan dan Pembaruan Situs dan Laman Facebook Resmi Zhenfo Zong ( TBSN )" , "Persiapan Penyelenggaraan Lokakarya dan Seminar Pendidikan Zhenfo" , "Pengajuan Izin Penggalangan Dana Tempat Ibadah" , "Desain Gambar Rupang Mulacarya Dharmaraja Liansheng" , "Merevisi Tata Ritual Pembacaan Vinaya" , "Pemeriksaan Permohonan Izin Upasampada" , "Meningkatkan standar ketaatan sila bagi Rohaniwan" , "Penanganan Serius bagi Pelanggaran Sila dan Aturan yang Dilakukan oleh Dharmaduta" , dan "Mendiskusikan Akademi Pendidikan Agama Buddha Zhenfo Zong", setelah semua mendengarkan perkembangan kerja dan persiapan oleh masing-masing departemen, semua saling memberikan masukan, bekerja sama dan memberikan dukungan, untuk kemudian bersama mengimplementasikannya. Untuk hal-hal yang lain, lebih lanjut lagi akan diumumkan secara menyeluruh.

Setelah diskusi penuh antusias selama 2 hari, akhirnya rapat berakhir pada pukul 6 sore tanggal 21 Desember. Kami panjatkan syukur atas adhisthana Mulacarya dan para Buddha Bodhisattva, sehingga rapat komite utama TBF kali ini dapat selesai dengan sempurna.

Judul Asli :
真佛宗宗務委員會2018年12月核心小組會議順利舉行

Sumber :
http://tbsn.org/chinese3/news.php?cid=38&csid=8&id=4784