Halaman Utama > Fokus Internasional > 【TBSN Terbaru】Ringkasan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng pada Upacara Homa Amitayus Buddha Tanggal 11 Juni 2017


【TBSN Terbaru】Ringkasan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng pada Upacara Homa Amitayus Buddha Tanggal 11 Juni 2017

Tujuan bhavana adalah untuk mengikis semua klesha dan karma buruk lampau, menyingkirkan semua kerisauan batin pada kehidupan saat ini, sampai akhirnya bersih sepenuhnya. Anda mesti jujur dan baik hati, jangan mengecewakan dan jangan merugikan para insan.

【Liputan Yuwen】

Pada hari Minggu, 11 Juni 2017, pukul 3 sore di Rainbow Temple (彩虹雷藏寺), Dharmaraja Liansheng Shengyen Lu memimpin Upacara Agung Homa Amitayus Buddha ( Changshoufo ), dan melanjutkan pengulasan Lamdre. 

Usai homa, terlebih dahulu Dharmaraja Liansheng mengajak semua untuk bergabung menjadi anggota Tbboyeh ( Zhenfo Boyezang -真佛般若藏 - Gudang Prajna Satya Buddha ), untuk bergabung menjadi anggota sama sekali tidak dipungut biaya, Anda bisa berdana secara sukarela.

Berikutnya, Dharmaraja Liansheng memberitahukan : Minggu depan, tanggal 18 Juni, pukul 3 sore, adalah Upacara Homa Maitreya Bodhisattva ( Mile Pusa -彌勒菩薩 ). Maitreya Bodhisattva merupakan Buddha mendatang yang telah diprediksikan oleh Shakyamuni Buddha, kelak setelah Maitreya Bodhisattva menitis, Beliau akan menjadi Raja Buddha Mahaberdaulat, Beliau akan menggelar Tiga Pasamuan Nagapuspa untuk menyeberangkan semua makhluk. Asalkan kita memperoleh abhiseka menjalin jodoh dengan Maitreya Bodhisattva, maka kelak ketika Beliau menitis ke dunia, kita akan berjumpa dengan-Nya, dan pada pasamuan terakhir, hanya dengan menjapa : “Namo Buddhaya” Anda dapat langsung menjadi Buddha. Tiga Pasamuan Nagapuspa dari Maitreya Bodhisattva sangat termasyhur, kelak dalam Tiga Pasamuan Nagapuspa semua Buddha dan Bodhisattva akan hadir, menuntun para insan terlahir di Sukhavatiloka untuk mencapai Kebuddhaan.

Hari ini adalah Homa Amitayus Buddha, mudra-Nya sedikit berbeda dengan Mudra Amitabha Buddha ( Mahaguru memperagakan ), amrta kalasa ditopang di bagian tengah mudra, bijaksara adalah ‘Hrih’ ( Xie ), Amitayus sama dengan Amitabha, Mantra Hati Amitayus adalah : “Om. Amaruoni. Zuwendiye. Suoha.”, Dharmaraja Liansheng juga memperkenalkan pratima dari Amitayus Buddha.

Amitayus Tathagata disebut juga Tathagata Usia Tak Terhingga dari Sukhavatiloka, merupakan emanasi dari Amitbha Buddha, Beliau mempunyai ratnakalasa panjang usia sebagai ciri khasnya ; Bila dapat meminum amrta panjang usia dari ratnakalasa tersebut, maka pasti memperoleh panjang usia dan kesehatan.

Lambang utama dari Amitayus Buddha adalah amrtakalasa yang Beliau bawa, amrtakalasa dapat mengadhisthana para insan, juga dapat menjemput para insan terlahir di Negeri Buddha ; Beliau memiliki fungsi purifikasi, penyembuhan, kesehatan dan memperpanjang usia, dan masih banyak lagi berbagai macam fungsi lain yang luar biasa. 

Memperoleh amrta dari Amitayus Buddha berarti meningkatkan kesehatan, keharmonisan, berkah, dan kebijaksanaan diri, bahkan sangat bermanfaat bagi aktivitas dan bhavana Anda. Sinar merah dari Amitayus menerangi segala penjuru, Beliau disebut juga sebagai Amrtaraja Tathagata, Amitabha Tathagata, Buddha Usia Tak Terhingga, Buddha Cahaya Tak Terhingga, dan Buddha Cahaya Agung.

Mahaguru menjawab surat dari seorang siswa di San Francisco, masih banyak siswa yang masih tidak memahami banyak hal :

Pertanyaan siswa :
Apakah siswa yang telah menerima purifikasi boleh berbincang dengan siswa yang belum menerima purifikasi ? Bolehkah bertandang ke rumah siswa yang belum memperoleh purifikasi ? ( Karena altar di rumahnya pernah diberkati oleh XX )

Mahaguru menjawab :
Boleh. Jangan mendiskriminasi, mesti menyikapi dengan setara. Pertama, Anda mesti tekun dalam Sadhana Istadevata. Kedua, ketika Anda berbincang dengannya, atau masuk ke rumahnya, Anda mesti visualisasikan Mulacarya menetap di puncak kepala. Mahaguru tidak ingin membatasi siswa, mengenai apakah mereka bersedia atau tidak untuk datang mohon purifikasi, semua terserah mereka sendiri.

Pertanyaan :
Ada yang bilang, ketika berkunjung ke Seattle untuk menjumpai Mahaguru, jangan tinggal di satu kamar bersama dengan umat yang masih tercemar. 

Mahaguru menjawab :
Asalkan Anda datang untuk menerima purifikasi dari Mahaguru, begitu timbul kesungguhan niat tersebut, maka Anda sudah tidak lagi tercemar. Boleh tinggal di satu kamar, yang penting memiliki kesungguhan niat untuk menerima purifikasi, dengan demikian kekotoran dalam batin telah tersingkirkan.

Asalkan Anda bervisualisasi Mulacarya menetap di puncak kepala, hendak berjalan ke mana pun boleh saja. Asalkan Anda bervisualisasi Mahaguru menetap di puncak kepala, apabila Anda secara langsung melihat atau memimpikan lima ketua Pasukan XX, maka beritahu mereka, carilah Mulacarya saya, kedua pundak Mahaguru siap menanggung semua.

Umat ini mengajukan permohonan supaya Mahaguru berkenan berjumpa dengan para umat di San Francisco di True Buddha Vijaya Temple ( Zunsheng Leizangsi -尊勝雷藏寺 ). 

Pada pembabaran Dharma di Taiwan kali ini, ada tiga tempat ibadah yang dulu sempat dekat dengan XX, antara lain : Cetiya Sanchong, Cetiya Folin, dan Cetiya Liansheng. Mereka mengundang Mahaguru untuk mengabhiseka ulang altar mandala, dan semua juga telah menerima purifikasi. Terlebih adalah Cetiya Sanchong yang dulu hanya mengundang XX, istri dari ketua cetiya mengatakan bahwa ia sangat menyukai XX, sebab XX pernah mengatakan sesuatu yang membuatnya merasa tersentuh, XX mengatakan bahwa ia telah menyumbangkan rumahnya kepada PTT Buddhist Society ( Puti Leizangsi )

XX tidak tahu bahwa PTT Buddhist Society semula adalah sebuah gereja yang dibeli oleh Mahaguru dan Gurudara, kemudian diserahkan ke PTT Buddhist Society. Termasuk di antaranya Gedung Zhenfo ( Zhenfolou -真佛樓 ) juga berasal dari dana Mahaguru, Mahaguru meminta kepada Acarya Shaodong untuk mencari para pekerja untuk membangunnya, kemudian dibeli dengan harga yang paling murah.

Mahaguru dan Gurudara telah berdana kepada True Buddha Diamond Temple ( Jingang Leizangsi -金剛雷藏寺 ) di New York sebesar US$ 1 juta. Namun ketua vihara dan Acarya Lianzhe (蓮者上師) secara bertahap mengembalikannya kepada Mahaguru dalam bentuk dana persembahan. Mahaguru dan Gurudara bahkan secara diam-diam berdana kepada banyak cetiya dan vihara.

Mahaguru paling mengasihi siswa di San Francisco, sebab di sana merupakan daerah yang paling parah tertimpa bencana dan mesti dibangun kembali, dan untuk membangun kembali wilayah bencana akan sangat sukar. Mahaguru dan Gurudara sangat peduli kepada segenap siswa di San Francisco. 

Dharmaraja Liansheng yang welas asih, yang telah berikrar untuk tidak mengabaikan satu insan pun, kembali menasihati siswa : “Asalkan Anda bersedia kembali, itu sudah cukup !” Semua permasalahan masa lampau tidak akan dibahas, mulailah lembaran baru.

Mahaguru berharap supaya XX berpaling kembali dan jangan mengulangi lagi kesalahan lampau, memulai lembaran baru. Apabila Anda bersedia kembali, maka kita menyambut. Saat ini materi mengenai XX yang telah diterima ada setumpuk tebal, masih sangat banyak yang belum diungkap, semua seputar perbuatan mengeruk harta menggunakan cara intimidasi, memelihara hantu untuk mencelakai insan, dan mengarang kisah kesaktian untuk menipu insan, itu semua adalah perbuatan salah. Asalkan Anda bersedia untuk kembali, Mahaguru akan menyambut Anda, dan memberikan abhiseka ulang, asalkan Anda bersedia meninggalkan tiga perbuatan buruk itu, maka apa pun yang Anda minta, semua akan diberikan kepada Anda. Anda mesti bertobat dengan kesungguhan hati, maka ajaran apa pun yang Anda minta, semua akan diberikan kepada Anda. Semua bisa dimulai lagi dari lembaran baru, dengan demikian Anda masih bisa tertolong. Mahaguru telah mengatakannya berulang kali, dan senantiasa menanti kepulangan Anda.

Dharmaraja Liansheng melanjutkan pengulasan Lamdre :

4. Instruksi transformasi kesalahan menjadi kebajikan.
5. Instruksi transformasi rintangan menjadi keberhasilan.

Asalkan Anda mau bertobat maka semua akan bertransformasi menjadi kebajikan, Anda kembali bersih. Kalimat ini sangat penting.

Ada orang yang ketika bermeditasi merasakan dirinya melayang ke atas ( pengaruh elemen angin, merupakan anubhava ringan ), atau jatuh ke dalam lubang yang dalam ( pengaruh elemen tanah, merupakan anubhava berat ), mendadak membesar atau mengecil, atau semakin panas ( pengaruh elemen api ), mendadak merasa dingin ( pengaruh elemen air ). 

Sebenarnya gerakan roh adalah pengaruh dari gerakan prana, oleh karena itu segala fenomena merupakan pengaruh dari elemen tanah, air, api, dan angin, sehingga tubuh Anda memperoleh rasa yang berbeda-beda, namun Anda tidak perlu takut, jika Anda memahami ini semua, maka Anda tidak akan merasa takut.

Bagi yang tidak bisa mengendalikan reaksi yang muncul, maka ia akan mengalami gangguan jiwa, atau menjadi seorang medium yang kerasukan dewa. Bagi yang dapat mengendalikan diri, akan seperti Mahaguru yang dapat mendatangkan daya tersebut sesuai dengan kehendak.

Kadang saat bermeditasi seseorang akan menitikkan air mata, tidak perlu takut, karena itu tanda bahwa Anda berjodoh dengan Buddha dan Bodhisattva, sehingga Anda merasa tersentuh ketika berjumpa dengan Buddha. Banyak siswa yang menitikkan air mata begitu berjumpa dengan Mahaguru, sebabnya adalah karena berjodoh.

Ajaran dari Guru dapat membimbing Anda untuk mengatasi penderitaan dan rasa gelisah, celupkan dua sisi kayu homa ke dalam madu, ini bermakna bahwa penderitaan berubah menjadi kebahagiaan, inilah fungsi dari kayu homa.

Tujuan bhavana adalah untuk mengikis semua klesha dan karma buruk lampau, menyingkirkan semua kerisauan batin pada kehidupan saat ini, sampai akhirnya bersih sepenuhnya. Perilaku Anda mesti sesuai dengan 8 Jalan Kebenaran. Karena Anda sudah tidak lagi memiliki rintangan karma, maka perbuatan Anda tidak lagi menghasilkan karma, saat itu Anda dapat memasuki Nirvana, dan kebahagiaan dari kedamaian akan muncul. Ini disebut jalan pembebasan. Jalan pembebasan, jalan Nirvana, dan jalan Bodhi, ketiganya baik adanya, ini memerlukan pengajaran supaya kita dapat mengenalnya.

Anda mesti jujur dan baik hati, jangan mengecewakan dan jangan merugikan para insan.

Mahaguru tidak gentar akan hantu dan mara, sebabnya adalah di dalam kebenaran yang paling akhir, sama sekali tiada hantu dan tiada mara. Hantu adalah sisa hawa manusia, hawa yang tersisa setelah manusia meninggal dunia. Ketika para hantu muncul, mereka tidak akan merintangi Anda, justru akan membantu Anda, yang demikian tergolong baik. Namun begitu hantu mencelakai para insan, berarti hantu itu sendiri juga sedang berbuat karma buruk. Jika Anda telah memahami berbagai hal mengenai hantu dan mara, maka Anda tidak akan lagi merasa gentar terhadap hantu dan mara.

Mara diundang oleh hati diri sendiri, asalkan Anda membuangnya, maka sama sekali tiada mara, tidak akan ada masalah. Dalam kehidupan ini, di dalam hati setiap orang ada ‘hantu’, seorang yang telah tercerahkan mengatakan : Setelah Anda mulai mengenal konsep hantu dan mara, barulah Anda merasa takut kepada hantu dan mara. 

Di alam ini memang ada hantu, memang ada surga dan neraka, namun bagi satu jenis orang tiada lagi surga dan neraka, orang ini tidak pernah berbuat kebajikan maupun kejahatan, tidak menghasilkan karma buruk, dan tidak akan terjerumus ke neraka. Ketika karma baik belum berbuah, seseorang juga tidak akan bisa masuk surga.

Sangat banyak contoh kasus di mana kesaktian malah berubah menjadi mara, ada satu jenis mara yang disebut sebagai mara kesaktian, pada kondisi yang tertinggi bahkan abhijna sekalipun mesti dibuang, oleh karena itulah Vajracchedika Sutra mengatakan : “Batin yang timbul karena tiada menetap pada suatu apa pun.”, Patriark ke-6 Huineng mencapai pencerahan setelah mendengar kalimat ini. 

Seorang bijak yang agung menjalankan segala aktivitas dan tekun berbhavana bukan demi nama, harta, dan kedudukan, segala perilakunya bukan didasari atas pamrih. 

Mahaguru tidak pernah sekalipun mencelakai orang, tidak peduli seburuk apa pun Anda, bahkan kepada orang jahat sekalipun, Mahaguru tidak pernah mencelakai mereka.

Permasalahan pasti ada, Anda mesti ingat bahwa Anda adalah seorang yang memiliki budi pekerti, berpalinglah pada hati nurani Anda, Anda mesti jujur dan baik hati, jangan mengecewakan dan jangan merugikan para insan. Segala persoalan di dunia selamanya tidak akan ada habisnya.

Segala rintangan dapat ditransformasikan menjadi keberhasilan samadhi, oleh karena itu, bagi saya kegagalan dan kekecewaan dapat meningkatkan terang diri ini. Bagi saya, semua kerisauan, ibarat kayu homa yang bisa saya bakar, dapat meningkatkan terangnya api diri, mentransformasikan rintangan menjadi keberhasilan.

Bhiksu Liaoming, Guru dari Dharmaraja Liansheng, telah berpesan, seumur hidup ini jangan minta uang kepada orang. Semenjak Anda bersarana kepada Mahaguru, sampai kelak Anda mencapai keberhasilan, Mahaguru tidak akan minta uang kepada Anda. Belajar Buddha kepada Mahaguru, tidak akan membuat Anda bangkrut.

Usai Dharmadesana, segenap umat bertepuk tangan meluapkan rasa syukur atas pembabaran Dharma yang sangat berharga. Di akhir acara, Dharmaraja Liansheng berwelas asih menganugerahkan Abhiseka Sadhana Amitayus Buddha. Upacara manggala dan paripurna.

Judul Asli :
【TBSN最新】2017年6月11日 蓮生活佛 盧勝彥法王主持「長壽佛護摩大法會」暨講授「道果」──修行就是要把本身的煩惱和過去世造的種種惡業,要全部消除,把現世的煩惱解除,就完全清淨了。你要有一顆很好很善良的心,對眾生都不辜負,也不虧欠

Sumber :
http://tbsn.org/chinese3/news.php?cid=38&csid=8&id=4316

◎ Jadwal siaran langsung berdasarkan waktu Indonesia :

*Kebaktian di Seattle Ling Shen Ching Tze Temple : 
Setiap hari Minggu, pukul 10 pagi ( WIB )

*Upacara Homa di Rainbow Temple : 
Setiap hari Senin, pukul 05 pagi ( WIB )

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :
http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

◎ Aplikasi TBSN untuk Andorid dan Apple

Silakan mengunduh di AppStore atau Google Play dengan kata kunci : 
真佛視頻 : Aplikasi video Zhenfo
真佛書庫 : Aplikasi Gudang Buku Zhenfo
真佛新聞 : Aplikasi Berita Zhenfo
真佛密法 : Aplikasi Sadhana Tantra Zhenfo

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami senantiasa berupaya untuk menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Guru Buddha.