Halaman Utama > Tren Topik > 【 Kitab Pusaka Gambar Rupang Zhenfo 】Mahadewi Yaochi


【 Kitab Pusaka Gambar Rupang Zhenfo 】Mahadewi Yaochi

    
Minggu, 14 Mei 2017 pukul 15:00 ( Waktu Seattle ) di Rainbow Temple, Dharmaraja Liansheng Shengyen Lu Akan Memimpin Upacara Agung Homa Mahadewi Yaochi ( Yaochijinmu - 瑤池金母 ), mengulas Lamdre, serta menganugerahkan Abhiseka Sadhana Istadevata Mahadewi Yaochi dan Asta Mahayoga Mahadewi Yaochi

◎ Jadwal Pembabaran Dharma Mahaguru :
http://tbsn.org/indonesia/routeClass.php

【 Disusun oleh TBSN Yangjin Zhuoma 】

【Mantra Hati Yaochijinmu】:"Om. Jinmu. Xidi. Hom."

【Mengenal Pratima Yaochijinmu】

Yaochijinmu ( Baca : Yao Je Cin Mu / Mahadewi Yaochi ) mengenakan Mahkota Feniks, tangan kiri membawa Persik Devata ( atau Ruyi ), tangan kanan memegang vyajana ( kebutan ), berparas Mahadewi, cantik dan belia, mengendarai tandu yang ditarik oleh sembilan feniks, Beliau tersenyum, paras-Nya sangat agung , menatap para insan dengan penuh kasih. 

【 Kutipan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng 】

Yang Tak Terhingga Mahadevi Rsi Bunda Emas Dari Kolam Yao ( Wu-ji Yao-chi Jin-mu Da-tian-zun ) atau Yaochijinmu, merupakan salah satu Yidam dari Tri Yidam Mahamulacarya Zhenfo Zong, Dharmaraja Liansheng Shengyen Lu. Sekaligus merupakan Yidam yang pertama kali beryukta dengan Dharmaraja Liansheng. Dahulu, Mahadewi Yaochi yang membuka Divyacaksu ( mata dewa ) dari Mahaguru Liansheng, Beliau juga merupakan Makhluk Suci Agung Penopang Mahaguru Liansheng. 

Dalam Gua Dunhuang, terdapat Sakyamuni Buddha, Mahadewi Yaochi dan Padmakumara berjajar setara, ini membuktikan bahwa antara Dharmaraja Liansheng ( Padmakumara ) dengan Mahadewi Yaochi terdapat nidana yang sangat erat dan tak terpisahkan. 

Mahadewi Yaochi disebut juga sebagai Maharani Barat ( Xiwangmu ), Dia bersemayam di Taman Rsi Yaochi ( Yaochi Xianyuan ), yang terletak di atas angin dahsyat di puncak Kunlun, dikarenakan berada di Barat dan berelemen logam ( emas ), oleh karena itu disebut sebagai Bunda Emas / Bunda Mulia. Xiwangmu dan Jinmu adalah sama, hanya berbeda nama, ada yang menyebut sebagai Wangmu ( Maharani ), ada yang menyebut Jinmu ( Bunda Emas ).

Dalam sebuah karya tulis yang paling awal, yang berasal dari masa Dinasti Han Timur di Yinan Shandong, terdapat Maharani Barat Mahadewi Yaochi, Dongwanggong ( Donghuadijun ) dan Grivaprabhakumara ( Padmakumara / Xiangguangtongzi )

Oleh karena itu yang paling dijunjung tinggi oleh Mahaguru Liansheng adalah : Mahadewi Yaochi, Mahaguru menyebutnya sebagai Raja Dari Para Devarsi . 

Mahadewi Yaochi adalah Raja Devarsi, Amitabha Buddha adalah Raja Buddha, sedangkan Ksitigarbha Bodhisattva adalah Raja Bumi, inilah Tiga Yidam yang ditekuni oleh Dharmaraja Lian-sheng.

Mahadewi Yaochi merupakan salah satu dari Lima Tetua Abadi dalam Dao, bersemayam di Barat, bagaikan seorang Ibu, Beliau mencurahkan perhatian kepada semua insan. 

Lima Tetua Asali dalam Tao adalah : Elemen Tanah di tengah, disebut sebagai Huang-lao ; Elemen Kayu di Timur , disebut Mu-gong Shang-sheng ; Sebelah Barat adalah elemen logam , yaitu Mahadewi Yaochi; Sebelah Selatan adalah elemen api, disebut Huo-de ;Sebelah Utara adalah elemen air, disebut Shui-jun atau Shui-de. 

Lima Tetua dalam Dao setara dengan Pancadhyani Buddha, oleh karena itu kedudukan Mahadewi Yaochi sangat agung mulia, Beliau setara dengan Buddha. 

Dalam keagamaan Tiongkok, Adinata Tertinggi yang paling tua adalah Mahadewi Yaochi, Beliau adalah Suciwan Agung, satu-satunya yang mampu melampaui para Mahadeva dan Suciwan , Yang Berada di Atas Semua Loka, Yang Paling Agung Dalam Dharmabhala, dan memiliki kekuasaan tak terhingga.

Dikarenakan Mahadewi Yaochi merupakan Raja Semua Devarsi, dalam Lie-xian Chuan ( Jajaran Para Dewa Rsi ) ada disebutkan bahwa Mahadewi Yaochi ada pada urutan pertama, sebagai Yang Teragung. 

Mahadewi Yaochi adalah Rsi Maha Tinggi yang paling awal, nirmanakaya-Nya disebut Gou-hui (緱回 ), Sambhogakaya-Nya adalah Mahadewi Yaochi, sedangkan Dharmakaya-Nya adalah Suciwan Asali Mahatinggi.

Dalam Pustaka Dao ada tertulis, Xuan-xuan Shang-ren mentransmisikan Dharma kepada Dong-fang Mu-gong Shang-sheng Tian-zun, kemudian Mu-gong mentransmisikan kepada Yaochijinmu. Mu-gong disebut sebagai Dong-wang-gong, sedangkan Mahadewi Yaochi disebut sebagai Xi-wang-mu ( Bunda Ratu Barat ). 

Dalam Dao, Xi-wang Mu disebut sebagai Ibunda Para Insan, semua Roh Asal merupakan emanasi dari Xi-wang Mu. 

Perbandingan Antara Pencapaian Spiritual dalam Dao dengan Buddhisme :  

Surga Kamadhatu – Devarsi Bumi ( Dixian )
Surga Rupadhatu – Devarsi Langit ( Tianxian )
Surga Arupadhatu – Devarsi Mahamulia ( Jinxian )

Saat Buddhisme memasuki Tiongkok, mengalami sinkretisme dengan Tao , menjadi Buddhisme Tiongkok. Maha Anuttaratantra dan Sadhana Internal dalam Tantrayana Tibet, sangat dekat dengan Metode Danting sebuah olah prana dalam Tao, meskipun terdapat perbedaan dalam cara pelatihannya, namun memiliki kesamaan fungsi. 

Dalam Sutra Yaochijinmu - Penuntunan Universal Vimoksa Melalui Samadhi dan Prajna , ada kalimat yang sangat penting perihal penekunan jing ( esensi ), qi ( energi ) dan shen ( roh) : “Bagaimana mengukuhkan akar ? Mula dari manusia adalah bakti, sedangkan mula dari Dao adalah jing dan shen.” Dalam Konfusianisme dikatakan bahwa manusia harus menjadikan laku bakti sebagai dasar, sedangkan dalam Taoisme adalah menjadikan jing dan shen sebagai mula, menjadikan jing, qi dan shen sebagai mula, sedangkan mula dalam Tantra adalah prana, nadi dan bindu, ini juga sama dengan jing, qi dan shen.

Dalam sutra tersebut juga dikatakan : “Terlebih dahulu harus menyingkirkan enam pencuri, telinga tidak mendengar suara, mata tidak melihat rupa, tubuh tidak tercemar oleh sentuhan dan pikiran tidak melekat pada materi.” Ini adalah acitta ( tanpa pikiran ) ; Hidung tidak sembarangan membaui ; Mulut tidak sembarangan makan dan tidak lobha akan makanan lezat. 

Enam pencuri harus disingkirkan terlebih dahulu, sebab saat Anda termabukkan oleh sesuatu, berarti dalam diri Anda terdapat pencuri, Anda tidak akan dapat memasuki samadhi ; “Dengan demikian pancaskandha : vedana ( perasaan ), samjna ( pencerapan ) , samskara ( bentuk mental ) dan viijnana (kesadaran) akan terang dengan sendirinya.”  Ini adalah ajaran Buddha ; Metode menyingkirkan enam pencuri merupakan ajaran Buddha, enam pencuri antara lain : rupa, suara, wewangian, cita rasa, sentuhan dan bentuk pikiran, ini semua adalah enam pencuri ; Pancaskandha adalah rupa, vedana, samjna, samskara dan vijnana ;  Saat pancaskandha terang, telah dipahami sepenuhnya, maka ‘tiga hal manunggal’ yaitu jing, qi dan shen, “Terus terpelihara dan hidup, sirkulasi atas dan bawah menjadi lancar. Bagaimana mungkin pembebasan menjadi sukar.” Asalkan prana dan nadi Anda tembus, maka bindu dapat bercahaya, dengan demikian akan memperoleh Bodhi, dapat mencapai Kebuddhaan. Penekunan prana, nadi dan bindu dalam tantrayana sama dengan jing, qi dan shen dalam Daoisme.

Yaochijinmu yang menuntun saya ( Mahaguru Lu ) keluar dari kehidupan awam untuk menuntun para insan. Adinata yang pertama kali beryukta dengan saya adalah Yaochijinmu. Segala sesuatu pada diri saya ( Mahaguru ) sejak usia dua puluh enam tahun hingga saat ini merupakan anugerah dari Yaochijinmu, oleh karena itu saya sangat berterima kasih kepada Yaochijinmu.

Tanpa Yaochijinmu maka tidak akan ada Zhenfozong. Segala sesuatu kita bersumber dari Yaochijinmu, ini juga merupakan sumber Dharma Zhenfozong, semua Dharma. Saat ini, ada sekian banyak siswa, ada True Buddha School Zhenfozong, ada Mahaguru, Gurudara, para Acarya, Dharmacarya, bhiksu-bhiksuni, pandita Dharmadhuta, pandita lokapalasraya, ketua vihara, dan segenap umat Sedharma, semua berkat sumber Dharma kita Yaochijinmu. Oleh karena itu saya katakan, tanpa Yaochijinmu, maka tidak akan ada Zhenfozong, tanpa Yaochijinmu, nasib dan peruntungan hidup saya tidak akan bisa berubah. Keseluruhan nasib dan peruntungan saya dalam hidup ini diubah oleh Yaochijinmu, tanpa Yaochijinmu, tiada Zhenfozong. 

Sadhana Yaochijinmu yang telah ditransmisikan oleh Dharmaraja Liansheng Sheng-yen Lu sangatlah banyak, antara lain :

Sadhana Yidamyoga Yaochijinmu, Astayoga Yaochijinmu, Yaochijinmu Jiuzhuan Xuangong, Mahasadhana Yaochijinmu untuk menitahkan laksar Devata, Sadhana Yaochijinmu Untuk Mendatangkan Harta, Mahasadhana Kuixing Untuk Memperoleh Kecerdasan, Sadhana Argam Puja Yaochijinmu, Sadhana Yaochijinmu Mashangyouqian, Sadhana Tubuh Pengganti, Sadhana Manifestasi Krodha Yaochijinmu Vyaghravaktra Vajra ( Vajra Kepala Harimau ), Sadhana Mahadewi Yaochi Bermuka Hitam, dan lain-lain. 

 ◎ Penekunan sadhana tantra Zhenfo harus sesuai kaidah Dharma, yaitu memiliki tekad Bodhicitta, bersarana kepada Dharmaraja Liansheng, menaati sila, menguatkan fondasi Catur-prayoga dan Guru-yoga, kemudian barulah memohon abhiseka sadhana adhinatha ini.

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://indonesia.tbsn.org/modules/news3/article.php?storyid=5

◎ Tata Ritual Sadhana Yidam Yaochijinmu :
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=33&csid=10&id=68

◎ Tata Ritual Sadhana Mashangyouqian :
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=33&csid=10&id=67

Judul Asli :
【真佛法相寶典】瑤池金母

Sumber : 
http://tbsn.org/chinese3/news.php?cid=38&csid=1&id=3424

◎ Jadwal siaran langsung berdasarkan waktu Indonesia :

*Kebaktian di Seattle Ling Shen Ching Tze Temple : 
Setiap hari Minggu, pukul 10 pagi ( WIB )

*Upacara Homa di Rainbow Temple : 
Setiap hari Senin, pukul 05 pagi ( WIB )

◎ Aplikasi Video Zhenfozong :
Silakan mengunduh di AppStore atau Google Play dengan kata kunci : TBSN ( Nama app : 真佛視頻)
Melalui aplikasi tersebut, kita dapat menyaksikan siaran langsung puja bakti dan api homa yang dipimpin oleh Dharmaraja Liansheng,serta berbagai video Dharma lainnya.

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung dengan penerjemah Inggris

◎ Klik di sini untuk tautan siaran langsung Mandarin

◎ Segera berlangganan (Subscribe) video resmi Zhenfozong :
http://youtube.com/c/truebuddhaschoolnet
https://vimeo.com/truebuddhaschool

◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=26&csid=7&id=1

◎ Pengulasan Sadhana Tantra : 
http://tbsn.org/indonesia/newsList.php?cid=29&csid=36

◎ Kumpulan Ceramah Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=29

◎ Karya Tulis Dharmaraja Lian-sheng :
http://tbsn.org/indonesia/newsClass.php?cid=23

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Indonesia :
https://www.facebook.com/syltbsnindonesia 

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Inggris :
https://www.facebook.com/syltbsnenglish

◎ Laman facebook TBSN Bahasa Mandarin :
www.facebook.com/syltbsn

Mari bookmark situs resmi dan laman facebook Zhenfo Zong TBSN , kami akan senantiasa berusaha menyajikan berita dan Dharmadesana terbaru dari Dharmaraja Lian-sheng, supaya kita semua senantiasa bersama Guru Buddha.